Cara Menggunakan Aplikasi Hooq di Ponsel Android

Jika berbicara tentang pasar layanan streaming di Indonesia, beberapa tahun terakhir kita telah menyaksikan ledakan besar dalam jumlah layanan streaming video, baik domestik maupun dari luar negeri. Sebelumnya, YouTube adalah satu-satunya nama yang ada di pikiran masyarakat Indonesia ketika mereka ingin menonton video online. Jika tidak, pengguna akan mengunjungi situs torrent yang sebagian besar untuk menonton film bajakan, acara TV, dan sebagainya. Selain konten yang tersedia secara gratis, alasan lain mengapa orang mengkonsumsi konten berhak cipta adalah tidak tersedianya layanan premium di wilayah mereka.



Seiring waktu, beberapa perusahaan mencoba menawarkan layanan berdedikasi di Indonesia dalam bentuk aplikasi streaming. Layanan streaming ini memperkenalkan hobi baru ke dalam kehidupan penonton Indonesia yang cenderung menonton televisi siaran nasional. Sekarang, masyarakat lebih terpaku ke layar smartphone Android dan perangkat lain saat menyaksikan serial film atau acara TV favorit sebab itu bisa dilakukan dimana saja, tak harus di rumah. Hooq adalah salah satu aplikasi streaming online yang mencoba menawarkan layanannya kepada penggemar film dan serial TV luar negeri.

Dengan antarmuka pengguna yang cukup mudah digunakan, acara tv dan situs streaming film menyediakan akses ke lebih dari 10.000 judul. Hooq bahkan dapat digunakan hingga lima perangkat dengan dukungan fitur pengunduhan untuk kemudian diputar secara offline. Hooq sebagaimana layanan streaming lainnya juga mengemas beberapa konten eksklusif yang banyak diinginkan pelanggan misalnya acara TV superhero DC terkenal antara lain Arrow, Flash, Legend of Tomorrow, Supergirl, dan sebagainya. Hooq juga menawarkan opsi penyewaan film bagi pengguna untuk menonton judul yang mereka inginkan. Tapi tak perlu dikatakan jika untuk layanan ini akan mengenakan tarif yang lumayan mahal dan mengharuskan langganan aktif.

Cara menggunakan aplikasi Hooq relatif mudah. Namun sebelum bisa mengaksesnya, Anda mesti registrasi lebih dulu untuk membuat akun. Pertama, unduh dan pasang dulu aplikasi Hooq dari Play Store dari link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=tv.hooq.android&hl=en. Jalankan aplikasinya, lalu tap pada “new to HOOQ? Sign up here.” Anda tinggal meregistrasikan nomor ponsel saja. Selanjutnya tap pada tombol Done. Akan keluar pesan jika Anda akan dikirimi 6 digit angka sebagai bentuk verifikasi nomor ponsel yang digunakan, tekan tombol Yes.

Ketikkan 6 digit angka yang diterima lalu ketuk tombol Next. Bila kode verifikasi ternyata tak diterima, Anda bisa menekan tombol skip dan sebagai gantinya Anda bisa menggunakan akun email. Ketikkan alamat email terus tekan “Start your trial now.” Hooq akan memberikan masa trial atau percobaan sebelum memutuskan untuk berlangganan. Setelah memiliki akun Hooq dan masuk ke aplikasinya, Anda akan disuguhi tiga menu utama di halaman depan yaitu : discover, browse, dan me.

Menu discover  yaitu menu untuk melihat film-film yang direferensikan Hooq. Di menu ini Anda bisa menentukan sendiri judul film yang diinginkan berdasarkan kategori misalnya  kategori “Be my valentine” untuk kumpulan film film bergenre percintaan. Menu browse yaitu untuk mencari film yang hendak dinikmati bila tak ketemu di menu discover. Sementara menu Me berisi informasi detil dari akun Hooq Anda yang salah satunya daftar film yang didownload dengan menu “downloads”.

Setelah ketemu film yang ingin ditonton, langsung saja tekan tombol Play di bagian kanan maka film akan langsung di-streaming-kan. Apabila Anda hendak menontonnya nanti,  tekan ikon jam yang ada di sebelah bawah judul film. Anda pun bisa menandai film film favorit dengan menekan ikon hati di sebelah kanan ikon jam. Untuk melihat film yang tadinya disimpan, masuk ke menu Me kemudian tekan tombol Watch Later.

Untuk menjalankan aplikasi Hooq dibutuhkan kuota internet yang sangat besar. Karenanya Hooq bekerjasama dengan beberapa provider seluler di tanah air untuk menawarkan paket khusus menonton Hooq. Salah satunya adalah Telkomsel dengan paket internet GigaMax yang bisa diaktifkan dengan akses ke menu *999*1#. Untuk tarif paket nonton Hooq dari Telkomsel selengkapnya adalah sebagai berikut :

1. Paket Gigamax Rp.49 ribu akan mendapatkan kuota 2.1 GB  (100MB + 1 GB 4G + 1 GB streaming untuk 30 Hari)
2. Paket Gigamax Rp.89 ribu akan mendapatkan kuota 13 GB  (1 GB + 5 GB 4G + 7 GB streaming untuk 30 Hari)
3. Paket Gigamax Rp.199 ribu akan mendapatkan 20 GB  (2 GB + 8 GB 4G + 10 GB streaming untuk 30 Hari)
4. Paket Gigamax Rp.169 ribu akan mendapatkan 30 GB  (4 GB + 10 GB 4G + 16 GB streaming untuk 30 Hari)
5. Paket Gigamax Rp.229 ribu akan mendapatkan 50 GB  (8 GB + 20 GB 4G + 22 GB streaming untuk 30 Hari)