Cara Menggunakan Link2SD di Perangkat Android

Anda hendak memasang aplikasi baru ke perangkat Android, tetapi saat menekan tombol instal muncul pesan ‘memori tidak mencukupi '. Anda harus membuat ruang kosong di memori dengan menghapus instalan aplikasi yang kurang digunakan. Tetapi ada alternatif yang lebih baik yaitu menggunakan apilkasi Link2SD. Anda dapat mengonversi sebagian ruang kosong pada kartu SD ke memori internal. Dan nantinya gunakan ruang itu, untuk menginstal aplikasi. Nah, berikut cara menggunakan Link2SD.



Dari Android KitKat dan seterusnya, Anda tidak dapat menginstal aplikasi pada kartu SD Anda. Anda hanya dapat menggunakannya untuk menyimpan gambar, video, dan data aplikasi. Namun, dengan akses root dan aplikasi seperti link2SD, Anda dapat mengubahnya. Sebelum mempelajari cara menggunakan Link2SD, berikut beberapa hal yang harus disiapkan :

- Perangkat Android yang di-root dengan slot kartu SD
- Kartu SD
- Akses Internet untuk menginstal Aplikasi (seperti link2sd)

1. Rooting Perangkat Android

Menautkan aplikasi Link2SD ke kartu SD memerlukan izin tingkat root. Jadi, pastikan Anda melakukan root pada perangkat Anda. Sayangnya tidak ada satu cara baku untuk me-root setiap perangkat android. Setiap perangkat berbeda dan demikian pula proses rooting. Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah browsing di Google cara root dengan nama perangkat Anda. Juga, periksa apakah perangkat Anda kompatibel dengan Kingo root, aplikasi root sekali klik yang populer.

2. Buat cadangan data

Sebelum Anda menginstal aplikasi Link2SD pada kartu SD, Anda harus memformatnya terlebih dahulu. Dan ini akan menghapus semua yang Anda miliki di dalamnya. Jadi pastikan Anda telah membuat salinan konten di dalamnya. Anda dapat mengambil cadangan, dengan menghubungkan ponsel Anda ke komputer melalui kabel USB dan kemudian menyalin file ke hard drive Anda. Atau, jika Anda memiliki jaringan Wifi, gunakan Airdroid. Cepat dan tidak memerlukan kabel apa pun.

3. Partisi kartu SD

Setiap OS memiliki preferensi mereka sendiri untuk sistem file. Sebagian besar kartu memori berada dalam format FAT32 yang cocok untuk komputer Windows dan MAC.

4. Instal dan konfigurasikan link2SD

Saatnya untuk memindahkan semua aplikasi besar ke kartu SD. Instal aplikasi Link2SD dari Play Store. Aplikasi ini ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Dan satu-satunya perbedaan antara yang berbayar dan gratis adalah tak adanya iklan dan juga dapat memindahkan data aplikasi ke kartu SD. Jalankan aplikasi Link2SD kemudian beri akses root. Pilih sistem file untuk memori internet Anda, dan restart perangkat. Setelah itu buka aplikasi link2SD lagi. Anda akan melihat semua aplikasi yang telah Anda instal di perangkat Anda. Untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD Anda, Anda dapat memfilter aplikasi, yang ada di memori internet Anda dan kemudian mencarinya sesuai ukuran. Sekarang untuk memindahkannya, ketuk 3 titik vertikal di kanan atas dan pilih aplikasi yang ingin Anda pindahkan. Hindari memindahkan aplikasi sistem ke kartu SD, karena jika Anda secara tidak sengaja menghapusnya, atau mengeluarkan kartu Anda, aplikasi lain yang tergantung mungkin akan error. Jadi, hindari memindahkan aplikasi sistem jika Anda bisa. Setelah Anda selesai memilih aplikasi, Sekali lagi ketuk pada tiga titik vertikal dan dari menu select > move to sd card > pastikan semua file telah ditandai > OK. Maka semua aplikasi yang Anda pilih akan dipindahkan ke kartu SD. Untuk memastikan semua, aplikasi yang diinstal secara otomatis memasang pada kartu SD> masuk ke pengaturan> centang pada mark auto link.

5. Menghapus aplikasi

Untuk menghapus aplikasi yang terpasang di kartu SD, Anda dapat masuk ke menu Manage App dan masuk ke aplikasi yang terpasang di kartu SD dan kemudian copot. Pikirkan dua kali sebelum mencopot kartu SD di perangkat Anda, karena sekarang di situ juga tersimpan berbagai aplikasi Anda di dalamnya. Secara keseluruhan, link2SD adalah salah satu aplikasi yang telah Anda atur sekali untuk kemudian dilupakan.