Cara Menggunakan Shareit di Smartphone dan Komputer

Untuk membantu pengguna smartphone agar mudah bertukar file dan dokumen, banyak produsen smartphone yang membuat aplikasi transfer file untuk dibagikan secara gratis. Shareit adalah salah satunya. Anda dapat menemukan aplikasi ini di hampir semua ponsel Lenovo dan PC Lenovo. Selain itu, Anda juga dapat mengunduhnya dari tautan dari berbagai toko aplikasi besar berbagai platform mulai dari Android, iOS, Windows phone, dan Windows PC. Bagi yang belum tahu, bagaimana cara menggunakan Shareit?



Ada dua langkah untuk menggunakan aplikasi ini untuk mengirim file dari komputer ke smartphone atau sebaliknya.

Langkah 1. Hubungkan smartphone dengan komputer

Hubungkan komputer atau laptop dengan smartphone menggunakan jaringan Wi-FI lokal yang sama. Jalankan perangkat lunak SHAREit di sisi komputer, klik untuk menampilkan kode QR. Jalankan aplikasi Shareit di ponsel Anda, ketuk untuk membuka menu utama, pilih Connect to PC >  Scan to connect, lalu pindai kode QR yang ditampilkan di Shareit komputer menggunakan smartphone Anda. Komputer dan smartphone Anda akan terhubung secara instan.

Langkah 2. Bagikan file antara smartphone dan komputer

Unduh dan instal Shareit di komputer Anda. Kemudian jalankan, Anda akan melihat layar beranda dengan beberapa menu berikut : Open | Connect to PC | on Another Device.

Mengirimkan file antara smartphone dan komputer menggunakan Shareit. Anda dapat menghubungkan smartphone dan komputer dengan cara yang berbeda seperti yang dijelaskan di bawah ini. Jika metode satu tidak berhasil, anda bisa mencoba metode yang lain :

1. Terhubung melalui Hotspot di komputer

Ketika Anda menjalankan Shareit di komputer, Anda akan mendapatkan nama hotspot di layar utama. Anda dapat mengklik nama PC Anda di sudut kiri bawah untuk mengetahui kata sandi untuk Hotspot di komputer. Di smartphone Anda, hubungkan smartphone ke Hotspot di komputer lebih dulu; kemudian jalankan aplikasi Shareit di smartphone, ketuk untuk membuka menu utama, pilih Connect to PC, maka Shareit akan mencari komputer Anda secara otomatis dan membuat koneksi antar keduanya.

2. Terhubung melalui Hotspot di smartphone

Jalankan Shareit di smartphone, buka menu utamanya, pilih Connect to PC, lalu sentuh PC Search Mobile di sudut kanan bawah, maka ini akan secara otomatis mengaktifkan Hotspot di smartphone Anda. Di layar Shareit komputer, klik Search Hotspot of Mobile di layar utama sehingga Shareit di komputer akan secara otomatis mendeteksi smartphone Anda, klik avatar yang dicari untuk menghubungkan. Pastikan untuk menjaga layar smartphone tetap aktif, tidak ada Time Out atau terkunci sebab jika tidak, Shareit untuk PC mungkin tidak mendeteksi atau terhubung ke smartphone Anda.

3. Terhubung melalui LAN

Hubungkan smartphone dan komputer menggunakan jaringan Wi-Fi yang sama. Kemudian jalankan Shareit di smartphone untuk memindai kode QR yang ditampilkan di Shareit komputer.

Mengirim file dari smartphone ke komputer : ketika smartphone dan komputer Anda terhubung, dari layar Shareit di smartphone ketuk Photos atau Files untuk memilih foto, video, musik dan file lainnya di smartphone dan mengirimkannya ke komputer secara nirkabel. Sementara mengirim file dari komputer ke smartphone : dari layar utama Shareit di komputer pilih Pictures atau File untuk memilih file di komputer dan kirim ke smartphone yang terhubung menggunakan Shareit.

Jenis file yang dapat dikirim menggunakan Shareit bisa berupa : dokumen, foto, musik, video, dan bahkan aplikasi apa pun. Jika Anda ingin mencadangkan smartphone Android Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi ini ini dalam mode batch. File yang diterima biasanya disimpan dalam kartu SD jika Anda memasang kartu SD di smartphone. Anda dapat mengeceknya di SHAREit > Me > Setting > General. Jika Anda mengirim file dari smartphone ke komputer, file akan disimpan ke folder Unduhan default. Misalnya C: \ Users \ username \ Downloads \ SHAREit.