Cara Screenshot di PC Mudah dan Simpel Dengan Firefox Quantum

Salah satu alat penting yang harus ada di PC adalah tool screenshot. Dengan program tersebut Anda bisa dengan mudah memotret tampilan layar untuk disimpan dalam bentuk gambar JPG. Cara screenshot di PC sebenarnya sangat mudah. Di PC dengan Windows 7 misalnya sudah disediakan tool yang dinamakan Snipping Tool. Namun tool ini memiliki keterbatasan. Salah satunya tak bisa mengambil tampilan layar dari halaman web panjang yang melebihi ukuran layar.



Apakah Anda sudah mencoba versi Mozilla Firefox yang dikenal luas sebagai Firefox Quantum? Nah Firefox versi 57 ini hadir dengan salah satu tool terbaik yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot bergulir atau screenshot halaman penuh dari situs web. Cara screenshot di PC jika Anda menjalankan Firefox 57 (atau yang lebih baru), membuat tangkapan layar bergulir atau tangkapan layar laman penuh dari sebuah situs web hanya dengan beberapa klik saja. Dan itu tidak melibatkan penyematan beberapa gambar untuk mendapatkan tangkapan layar berkelanjutan dari laman web.

Bagaimana cara mengambil screenshot bergulir di PC menggunakan Firefox Quantum? Tool tangkapan layar di Mozilla Firefox ini tersedia di semua varian desktop browser web termasuk Microsoft Windows, Apple MacOS, dan Distribusi Linux. Namun belum tersedia untuk Android dan iOS. Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar bergulir atau tangkapan layar panjang di Android dan iOS, Anda dapat menggunakan salah satu dari aplikasi ini : Stich & Share: big screenshot, Stich It! – Screenshot Editor, dan Tailor – Automatic Screeshot Stiching.

Berikut adalah langkah cara screenshot di PC untuk membuat tangkapan layar bergulir :

1. Buka situs web yang diinginkan di Firefox.

2. Di sisi kanan bilah alamat, klik tombol Page Action (tiga titik).

3. Pilih opsi "Take a Screenshot" dari menu drop-down.

4. Sekarang, untuk mengambil screenshot halaman penuh dari situs web, pilih “Save full page option” di sudut kanan atas.

Anda dapat memilih "Save Visible" untuk menangkap bagian yang ditampilkan di layar. Apa lagi yang bisa Anda lakukan adalah Anda yaitu memilih area tertentu dari halaman web menggunakan mouse. Alat tangkapan layar membantu Anda menangkap hanya apa yang diperlukan. Untuk menyimpan tangkapan layar bergulir, Anda dapat mengunduhnya di sistem Anda dengan mengeklik tombol Download, atau Anda dapat mengunggah gambar ke penyimpanan Cloud Mozilla (namun akan kedaluwarsa dalam 14 hari ke depan). Browser Firefox Quantum memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot di PC dalam ukuran panjang tanpa kerumitan. Screenshot yang Anda unggah dapat diakses kemudian dengan masuk ke folder My Shots di mana Anda dapat menghapus, membagikan, dan mengunduh screenshot kapan pun Anda mau.

Terlepas dari cara screenshot di PC menggunakan tool bawaan di Firefox Quantum, Anda juga dapat menggunakan pintasan keyboard Windows + PrntScr. Anda dapat juga menggunakan tool Snipping di Windows jika Anda ingin memotong area atau menangkap jendela aktif. Tetapi alternatif ini tidak dapat menangkap tangkapan layar bergulir. Ada juga sejumlah add-on Firefox yang dapat membantu untuk melakukan screenshot halaman penuh, seperti Easy Screenshot, Nimbus Screen Capture, dan sebagainya.

Sementara mengambil screenshot di perangkat Android pun cukup sederhana. Sebagai contoh, pada Asus Zenfone, pengguna dapat mengambil tangkapan layar hanya dengan menekan dan menahan tombol Recent Apps selama beberapa detik. Pada perangkat lain, opsi untuk mengambil tangkapan layar ada di bilah notifikasi di bagian paling atas, atau dapat dilakukan dengan menekan kombinasi tombol secara bersamaan. Proses serupa terjadi untuk perangkat Apple yang menjalankan iOS.

Hanya saja alat screenshot inbuilt di Android dan iOS cuma mencakup hal-hal yang ditampilkan di layar. Bagaimana jika seseorang ingin mengambil tangkapan layar panjang laman web dalam satu gambar yang mengharuskan laman digulir ke bawah. Namun sayangnya, kemampuan alat screenshot tersebut tak bisa melakukannya. Untuk itu pengguna harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya. Beberapa aplikasi yang bisa diandalkan seperti telah disebutkan di atas yaitu : Stich & Share: big screenshot, Stich It! - Screenshot Editor, dan Tailor - Automatic Screeshot Stiching. Cara menggunakan aplikasi tersebut pun cukup mudah hanya dengan beberapa kali ketuk saja.