Trik Menggunakan Instagram untuk Laptop

Banyak orang ingin tahu cara menggunakan Instagram untuk laptop. Tujuannya agar mereka dapat mengunggah foto ke aplikasi media sosial dari PC atau Mac yang digunakan. Tetapi aplikasi Instagram dirancang untuk mengambil, mengedit, dan berbagi foto dan video di ponsel, bukan di desktop. Efek khusus atau filter untuk membuat foto lebih menarik adalah hal yang membuat Instagram begitu populer. Tentu saja banyak pengguna ingin menggunakan filter tersebut di laptop selain di ponsel mereka.



Secara historis, menggunakan Instragram untuk laptop cukup sulit. Sejak 2013, pengguna Instagram memiliki akses ke feed Instragram mereka dari web, dan mereka memiliki beberapa kemampuan untuk menyimpan foto dari Instagram. Sayangnya, feed dari situs Instagram tersebut tidak memungkinkan untuk mengunggah foto langsung dari laptop; sebab hanya dirancang untuk menampilkan apa yang diunggah dari perangkat seluler di Web dan memberikan halaman dashboard mereka sendiri. (Anda dapat menemukan dashboard Instagram Web Anda dengan mengganti ID pengguna Instagram untuk "nama pengguna" di URL ini: http://instagram.com/namapengguna).

Banyak orang sangat menikmati Instagram sehingga mereka benar-benar ingin dapat menggunakan versi berfitur lengkap di laptop atau komputer desktop mereka. Dengan begitu, mereka membayangkan mereka dapat mengambil foto dengan kamera digital berkualitas lebih tinggi, memasukkan kartu memori ke laptop dan mengunggah gambar ke situs web Instagram, kemudian menggunakan efek khusus aplikasi untuk meningkatkan tampilan setiap foto (atau video). Banyaknya permintaan untuk itu, pada tahun 2016 aplikasi Instagram untuk Windows mulai tersedia di Microsoft Store. Tentu saja, itu masih hanya tersedia di Windows 8 dan Windows 10 PC, sehingga komputer dengan sistem operasi Windows lebih lama masih membutuhkan solusi untuk memposting gambar ke Instagram.

Harus ada solusi untuk laptop yang tidak memiliki akses ke Windows Store, bukan? Salah satu cara membuka Instagram untuk laptop adalah menginstal perangkat lunak khusus yang dirancang untuk mensimulasikan sistem operasi ponsel di komputer Anda (disebut emulator ponsel) dan memungkinkan Anda menjalankan aplikasi seluler dengan cara itu. Contoh emulator adalah BlueStacks App Player. Anda dapat mencoba mengunduh aplikasi dan memasangnya di komputer Anda. Setelah terinstal dan berjalan, cari "Instagram" dengan fitur pencarian aplikasi dan instal di laptop Anda. Harap diperhatikan, bahwa banyak gangguan teknis telah dilaporkan oleh mereka yang mencoba menggunakan Bluestacks untuk Instagram di laptop atau komputer. Instagram biasanya akan berjalan, memungkinkan Anda untuk melihat foto yang telah diunggah orang lain, tetapi Anda masih perlu menginstal media uploader untuk mengunggah foto ke Instagram. Contoh program semacam itu adalah Flume (untuk Mac).

Jika Anda pengguna Windows, aplikasi lain yang disebut Gramblr menawarkan pengunggah yang lebih mudah untuk dipasang dan digunakan, tetapi hanya jika Anda memiliki PC Windows. Sementara Gramblr seharusnya kompatibel dengan Mac namun ternyata memiliki banyak masalah kompatibilitas pada sisi Apple. Dan bahkan untuk komputer Anda harus membayar melalui kata sandi Instagram Anda, misalnya, karena menggunakan API Instagram.

Mungkin solusi teknologi paling mudah adalah email. Cukup kirimkan email berisi foto yang ingin Anda bagikan ke akun Instagram Anda, lalu akses email itu di ponsel Anda dan jalankan Instagram. Solusi lain untuk berbagi foto di Instagram adalah menggunakan Dropbox, aplikasi penyimpanan berbasis cloud. Unggah foto Anda ke Dropbox, kemudian buka ponsel atau tablet Anda dan akses akun anda di Dropbox. Temukan foto yang ingin Anda bagikan, dan bagikan di Instagram. Opsi ini tidak memberi Anda akses ke filter Instagram untuk foto-foto itu, tetapi setidaknya memudahkan Anda membagikannya di Instagram. Banyak program lain yang terkait Instagram untuk laptop (tetapi tidak secara khusus untuk mengunggah foto ke Instagram.) Misalnya, Instagram for PC yang sangat berguna untuk membantu pengguna yang memiliki laptop lama dan ingin mengakses Instagram dari sana.

Jika Anda ingin menerapkan efek khusus foto dari laptop Anda, cobalah beberapa aplikasi foto lain yang memberikan fitur-fitur yang mirip dengan Instagram. Dua program yang bagus adalah Pixlr dan Poladroid.net, yang berjalan dari browser Web standar dan menyertakan beberapa efek filter vintage yang keren. Nah, selamat mencoba!