Beberapa Opsi Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak

Dalam artikel ini, saya akan memberi tahu Anda tentang berbagai metode yang akan membantu Anda memperbaiki flashdisk atau kartu SD yang rusak. Seringkali kita menghadapi masalah perangkat penyimpanan yang rusak. Salah satu cara memperbaiki flashdisk ternyata bisa dengan perintah CMD (COmmand Prompt) atau Windows Explorer di komputer Windows.



Berurusan dengan flashdisk atau kartu SD yang rusak adalah pekerjaan yang membosankan. Kita menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengembalikan media penyimpanan tersebut agar bisa berfungsi kembali tetapi hasilnya tidak mendapatkan apa-apa. Terkadang komputer tidak dapat menetapkan lokasi drive (seperti C, D, E) dari flashdisk yang dicolokkan. Karena sebab tersebut, file di dalamnya tidak dapat diakses. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menetapkan drive sendiri untuk perangkat flashdisk Anda tersebut di komputer. Berikut langkah-langkah sederhana untuk memperbaiki flashdisk yang rusak dengan memberikan huruf drive yang benar:

1. Hubungkan flashdisk ke komputer.

2. Klik kanan pada My Computer. Klik Manage dari menu drop down.

3. Klik Management Disk di sisi kiri dan tunggu beberapa detik agar Windows dapat memuat layanan disk virtual.

4. Klik kanan pada media penyimpanan Anda dan klik Change Drive Letter and Paths.

5. Klik huruf drive (itu akan berubah menjadi biru) dan klik Change.

6. Pilih huruf drive dari daftar drop-down. Klik Ok.

Bila komputer tak bisa mendeteksi flashdisk yang dicolokkan, mungkin masalahnya ada pada PC Anda. Itulah sebabnya Anda menemukan masalah ketika menjalankan USB flash drive. Coba colokkan flashdisk ke komputer lain. Sebab lain yang mungkin juga timbul yaitu mencolokkan flashdisk ke port USB lain dari komputer yang anda gunakan.  Mungkin saja port yang semula digunakan rusak atau ada masalah pada driver. Jadi, coba port USB lainnya jika drive USB tidak dikenali. Ada kalanya driver yang menjalankan flashdisk Anda rusak sehingga PC Anda dapat mendeteksi media penyimpanan. Anda dapat menginstal ulang driver dengan mengikuti langkah-langkah sederhana berikut ini:

1. Klik kanan My Computer dan Klik Manage.

2. Klik Device Manager di sisi kiri.

3. Double klik Disk Drives dalam daftar. Klik kanan pada nama flashdisk Anda.

4. Klik Uninstall lalu Ok.

5. Disconnect flashdisk dari komputer dan nyalakan kembali komputer Anda.

6. Colokkan kembali flashdisk maka biasanya komputer sudah bisa mendeteksinya.

Berikut prosedur yang paling umum digunakan untuk memperbaiki media penyimpanan yang terhubung ke komputer :

1. Buka My Computer.

2. Pilih drive yang rusak dan klik kanan.

3. Klik Format di menu drop-down.

4. Klik Restore Device Defaults di jendela yang muncul.

5. Klik Start untuk memulai proses format. Anda dapat menghapus centang opsi Quick Format jika Anda ingin komputer memindai secara mendalam drive / kartu untuk kesalahan namun pilihan ini akan memakan waktu. Jadi, hapus centang hanya jika Anda gagal dalam upaya pertama.

6. Klik Ok di kotak dialog berikutnya yang akan memperingatkan Anda bahwa data akan hilang. Proses format akan selesai dalam beberapa saat, dan Anda akan memiliki flashdisk yang sudah normal dan kosong.

Cara memperbaiki flashdisk juga bisa dengan melibatkan command prompt Windows yang umumnya dikenal sebagai CMD. Dalam hal ini, Anda harus memasukkan beberapa perintah CMD, dan Windows akan secara paksa memformat flashdisk Anda yang rusak.

1. Colokkan flashdisk yang rusak ke komputer.

2. Arahkan mouse ke tombol Start dan klik kanan.

3. Klik Command Prompt (jalankan sebagai Admin). Jendela CMD akan terbuka.

4. Ketik diskpart dan tekan Enter.

5. Ketik list disk dan tekan Enter. Daftar semua perangkat penyimpanan yang terhubung ke komputer Anda akan ditampilkan.

6. Ketik select disk <nomor disk Anda> dan tekan Enter. (Contoh: select disk 1). Penting: Pastikan Anda memasukkan nomor dengan benar. Jika tidak, Anda dapat memformat hard drive internal Anda. Anda dapat mengetikkan list disk lagi untuk memeriksa apakah Anda sudah melakukannya dengan benar. Akan ada bintang (simbol tanda bintang) sebelum nama disk yang dipilih.

7. Ketik Clean dan tekan Enter.

8. Ketik create partition primary dan tekan Enter.

9. Ketik Active.

10. Ketik Select partisi 1.

11. Ketik format fs = fat32 dan tekan Enter. Proses format akan selesai dalam beberapa menit. Anda dapat menulis NTFS, bukan FAT32 jika Anda ingin memiliki flashdisk kapasitas lebih dari 4 gigabyte. Jangan tutup CMD hingga pekerjaan selesai.