14 Tips Cara Memperkuat Sinyal Wifi Laptop

Di mana pun Anda menggunakan laptop, sinyal Wi-Fi yang kuat diperlukan untuk memastikan konektivitas yang andal dan kecepatan koneksi yang baik. Laptop dengan jangkauan sinyal terbatas cenderung mengalami koneksi yang lambat atau terputus. Laptop masa kini biasanya sudah memiliki adaptor jaringan nirkabel yang terintegrasi. Namun laptop keluaran lama membutuhkan adaptor jaringan eksternal seperti kartu PCMCIA atau adaptor USB. Bagaimana cara memperkuat sinyal wifi laptop agar koneksi internet tak terganggu.



Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan jangkauan laptop Anda dan kecepatan koneksi Anda jika Anda mengalami masalah dengan koneksi Wi-Fi Anda.  Beberapa faktor lingkungan dapat menyebabkan sinyal Wi-Fi laptop lemah. Anda bisa memastikan tentang beberapa penyebab umum berikut ini, setidaknya di lingkungan jaringan rumah Anda. Berikut penyebab dan cara memperkuat sinyal wifi laptop yang bisa Anda lakukan :

1. Jarak dari router akan mempengaruhi jangkauan dan kekuatan sinyal. Pindahkan laptop Anda lebih dekat ke router nirkabel untuk mengatasi masalah ini. Gunakan salah satu dari banyak tes kecepatan online dan uji kecepatan koneksi laptop di berbagai lokasi di sekitar rumah atau kantor. Anda akan melihat perbedaan yang jelas berdasarkan jarak dari router.

2. Jika Anda tidak dapat memposisikan router ke lokasi pusat atau memindahkan laptop lebih dekat ke router, tambahkan alat repeater sinyal. Anda hanya perlu mencolokkan perangkat kecil tersebut ke stopkontak yang terletak di antara laptop Anda dan router. Perangkat repeater ini meningkatkan sinyal dari router untuk memberikan koneksi yang lebih kuat dan memperluas jangkauan Wi-Fi.

3. Naikkan ketinggian router Anda jika diposisikan di lantai atau di dekatnya. Langkah ini akan meningkatkan kekuatan sinyal.

4. Perhatikan struktur logam atau peralatan besar apa pun antara laptop dan router Anda. Sebab itu dapat menghalangi sinyal. Pindahkan laptop atau meja Anda untuk menghindari penyedot sinyal wifi tersebut.

5. Untuk sinyal terkuat, batasi jumlah perangkat yang mengakses koneksi Wi-Fi secara bersamaan. Dengan penggunaan untuk streaming film, tablet, ponsel, dan perangkat pintar, laptop Anda bukan satu-satunya peralatan yang mencoba menggunakan koneksi Wi-Fi tersebut.

6. Perbarui Peralatan dan Perangkat Lunak Anda. Kekuatan sinyal Wi-Fi dan jangkauannya juga tergantung pada router, driver dan firmware-nya, dan perangkat lunak pada laptop Anda.

7. Ganti router Anda sebab standar teknologi terus berubah. Router terbaru diklasifikasikan sebagai 802.11ac. Ini adalah router yang jauh lebih cepat dan lebih kuat dari standar sebelumnya: 802.11n, 802.11g, atau lebih tua. Selain itu, tipe router terbaru itu dapat terhubung ke beberapa perangkat secara bersamaan, alih-alih berpindah antar perangkat.

8. Perangkat lunak driver wifi di laptop Anda harus selalu di-update. Driver mempengaruhi bagaimana laptop Anda terhubung ke jaringan. Driver yang sudah usang dapat memengaruhi jangkauan dan kecepatan koneksi wifi laptop Anda. Selalu perbarui peranti lunak sistem laptop Anda.

9. Perbarui driver dan firmware router dengan mengunjungi situs web produsen router untuk memeriksa adakah pembaruan atau dengan memeriksa Pembaruan Windows untuk pembaruan driver.

10. Ganti adaptor jaringan eksternal di laptop yang sudah ketinggalan zaman. Anda mungkin telah menggunakan adaptor yang sama selama bertahun-tahun, sementara teknologi terus berkembang dengan pesatnya. Lihatlah alternatif adaptor wifi yang lebih baru.

11. Tambahkan adaptor eksternal USB ke laptop model akhir yang memiliki adaptor jaringan internal yang tidak berfungsi.

12. Router yang lebih lama beroperasi pada frekuensi yang sama dengan banyak perangkat elektronik rumah. Oven microwave, telepon nirkabel, atau pembuka pintu garasi yang beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz dapat mengganggu sinyal router Wi-Fi pada frekuensi yang sama. Router modern telah pindah ke frekuensi 5 GHz untuk menghindari gangguan elektronik rumah.

13. Jika router Anda hanya berfungsi pada frekuensi 2,4 GHz, ubah saluran yang dioperasikan router Anda untuk melihat apakah itu membantu jangkauannya. Saluran Wi-Fi yang tersedia adalah 1 hingga 11, tetapi router Anda hanya dapat menggunakan dua atau tiga dari itu. Periksa dokumentasi router Anda atau situs web produsen untuk melihat saluran mana yang direkomendasikan untuk digunakan dengan router Anda.

14. Daya transmisi dapat disesuaikan pada beberapa adapter jaringan. Jika tersedia, pengaturan ini diubah melalui program antarmuka driver adaptor, bersama dengan pengaturan lain seperti profil nirkabel dan nomor saluran Wi-Fi. Daya transmisi harus diatur ke maksimum 100 persen untuk memastikan sinyal sekuat mungkin. Perhatikan bahwa jika laptop berjalan dalam mode hemat daya, pengaturan ini dapat secara otomatis diturunkan, yang mengurangi jangkauan adaptor dan kekuatan sinyal.