Edit Foto Fisheye dengan Adobe Photoshop

Sering kali kita menggunakan Adobe Photoshop hanya untuk memperbaiki gambar misalnya untuk mengoreksi white balance, menambah kontras, atau menghapus elemen yang tak diinginkan. Terkadang menyenangkan untuk melakukan sesuatu yang aneh, membuat gambar yang sama sekali berbeda. Satu trik cepat dan mudah: Jadikan foto biasa terlihat seperti diambil dengan lensa mata ikan bundar atau fisheye dengan latar belakang hitam. Bagaimana cara edit foto fisheye dengan Adobe Photoshop?



Beberapa tahun lalu mulai populer penggunaan lensa fisheye di ponsel Android. Lensa fisheye dapat dijadikan fasilitas mengasyikkan guna menambah pengalaman fotografi penggunanya. Lensa khusus ini akan memberikan kesan surealis melengkung di foto sehingga akan menjadi tantangan baru buat para penggemar fotografi amatir dengan memasukkan unsur artistik bak seorang fotografer profesional. Ada bermacam tipe lensa fisheye yang dijual pasaran. Konsumen harus bisa menemukan lensa yang pas dengan kamera ponsel mereka. Harga lensa fisheye pun bermacam-macam dimana tiap produsen akan memproduksi lensa fisheye disesuaikan dengan kamera buatan mereka.

Sebenarnya efek mata ikan pun bisa dibuat tanpa menggunakan lensa jenis tersebut. Ada beberapa cara edit foto fisheye, salah satunya seperti telah disebutkan sebelumnya yaitu dengan software Adobe Photoshop. Sebuah foto biasa dapat disulap menjadi foto berefek fisheye yang unik. Untuk melakukannya, gunakan tool Warp yang diperkenalkan di versi CS2. Teknik ini bekerja paling baik pada gambar yang memiliki banyak garis horizontal dan vertikal, sehingga distorsi sangat menonjol. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat gambar dengan tampilan fisheye :

Langkah 1 :

Mulailah dengan memotong foto Anda menjadi bentuk persegi untuk memastikan distorsi yang Anda tambahkan nanti akan terlihat lebih realistis. Dapatkan alat potong dengan mengetikkan C pada keyboard Anda. Tahan tombol Shift untuk mempertahankannya menjadi bujur sangkar yang sempurna, dan potong gambar Anda dengan produk akhir melingkar.

Langkah 2 :

Karena transformasi Warp tidak dapat diterapkan ke Layer Latar Belakang, buat duplikat. Buka Layer> Duplicate Layer. Beri nama Fisheye, dan klik OK.

Langkah 3 :

Sekarang saatnya untuk menambahkan beberapa distorsi ke foto Anda. Masuk ke Edit> Transform> Warp. Kemudian, di menu pull-down di Bar Pilihan, pilih Warp: Fisheye. Standarnya biasanya memberikan distorsi yang cukup, tetapi jika Anda menginginkan lebih, tingkatkan persentase Bend. (Dengan lensa fisheye sesungguhnya, semakin dekat Anda dengan subjek Anda, semakin terdistorsi jadinya.) Ketika Anda menyukai tampilannya, tekan Enter pada keyboard Anda untuk menyimpan. Cara lain untuk meningkatkan Bend adalah dengan mengambil kotak kecil di tengah garis teratas grid, dan menariknya ke atas.

Langkah 4 :

Dengan distorsi siap, sekarang kita akan menambahkan lingkaran hitam. Dapatkan tool Elliptical Marquee, dan atur sedikit bulu: 2 piksel sudah cukup. Kemudian letakkan kursor Anda di sudut kiri atas foto, tepat di dalam batas. Tahan tombol Shift dan seret kursor secara diagonal untuk membuat lingkaran yang pas di dalam gambar. Jika pilihan Anda tidak berada di tempat yang tepat, gunakan tombol panah untuk mendorongnya sehingga mencakup semua elemen penting dari gambar Anda.

Langkah Terakhir :

Sekarang balikkan pilihan Anda dengan mengetik Control (Perintah pada Mac) + Shift + I pada keyboard Anda. Melakukan ini akan memastikan pilihan Anda menyertakan semua yang ada di luar lingkaran yang baru saja Anda gambar. Dari menu Adjustment Layer di bagian bawah Panel Layers Anda, pilih Warna Solid. Pilih hitam di pemilih warna, dan kemudian tekan OK untuk melihat bagaimana foto efek fisheye palsu Anda akan terlihat. Setiap kali Anda membuat Selection dan Anda membuat adjusment Layer, Photoshop secara otomatis mengubah pilihan menjadi Mask.

Related Post

Previous
Next Post »