4 Aplikasi Merawat Baby di Ponsel Android

Setiap pasangan yang baru menikah biasanya mulai merencanakan untuk memiliki baby. Untuk merawat seorang bayi tentunya butuh persiapan yang banyak. Bukan hanya kebutuhan makan dan pakaiannya, kemampuan merawat dari orang tua pun sangat penting. Pada tahap awal kehidupan bayi, ia hanya tahu bagaimana melakukan beberapa hal: makan, tidur, buang air kecil, dan menangis. Dan bayi membutuhkan perawatan dari orangtuanya hampir dalam segala hal.

Bagi orang tua baru, aktifitas tersebut bisa membuat stres sebab belum mengalami pengamalan sama sekali. Karena itu untuk berlatih merawat, berikut beberapa aplikasi merawat baby di ponsel Android yang akan mengurangi beban Anda nantinya.



1. Dormi

Dormi adalah aplikasi pemonitor bayi yang sempurna untuk orang tua. Aplikasi ini hadir dengan beberapa keunggulan dibandingkan aplikasi monitor bayi lain. Cara kerjanya unik, Anda hanya perlu meletakkan ponsel dengan aplikasi Dormi yang terbuka di dekat bayi. Anda dengan ponsel Android lain yang juga terpasang Dormi bisa tetap mendengarkan suara bayi meski anda berada di ruangan lain.  Komunikasi antar dua perangkat terjadi melalui WiFi dan data seluler. Kedua perangkat bahkan dapat mengatur koneksi WiFi mereka sendiri tanpa adanya Internet. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk memantau bayi Anda hingga empat jam gratis setiap bulan. Sementara untuk biaya pemakaian tidak terbatas sebesar $ 0,99 per bulan, $ 4,49 per tahun, atau $ 6,29 untuk seumur hidup. Anda bisa mencoba Dormi dengan mengunduh aplikasinya dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sleekbit.dormi.

2. Baby Sleep Sounds

Beberapa orang mungkin lebih sulit untuk tertidur dalam suasana hening, namun segera terlelap saat ada semacam kebisingan di sekitarnya misalnya : suara detak jarum jam, suara dedaunan tertiup angin, suara hujan, dan bahkan suara deru kendaraan yang lalu lalang di jalan. Bayi pun bisa memiliki kecenderungan semacam itu juga. Di sinilah aplikasi Baby Sleep Sounds berguna. Aplikasi Android ini akan mereplikasi suara hampir selusin item berbeda. Apakah bayi Anda terbiasa tidur dengan suara mesin cuci atau vakum cleaner di sekelilingnya? Apakah mereka suka ketipak hujan, air mengalir, atau bahkan deru kereta dan pesawat terbang?. Aplikasi ini dapat memainkan semua suara itu tanpa henti. Jika anak Anda ternyata suka dengan alunan musik, Anda bisa menggunakan aplikasi Baby Sleep Lullabies sebagai gantinya. Ada juga suara hewan bagi bayi yang menyukai suara sapi, gajah, dan monyet untuk membuat bayi Anda terlelap. Aplikasi ini gratis untuk diunduh namun menampilkan iklan. Cek . Baby Sleep Sounds di https://play.google.com/store/apps/details?id=air.tr.com.tiramisu.babysleepsounds.

3. Feed Baby

Bayi perlu makan, dan mereka tidak bisa makan sendiri. Apa yang mereka konsumsi pada tahap awal kehidupan dapat memiliki efek pada perkembangan mereka, jadi ada baiknya untuk melacak apa yang sedang terjadi. Feed Baby memungkinkan Anda melacak setiap makanan yang diberikan, termasuk kapan itu terjadi, berapa lama, berapa banyak dikonsumsi, dan metode (susu formula, susu karton, ASI dll.). Jika Anda sedang menyusui, ada opsi untuk menandai apakah Anda menyusui dengan payudara kiri atau kanan. Saat bayi Anda mulai mengkonsumsi makanan utuh, Anda dapat mencatat perkembangannya. Apakah mereka bisa mengunyah sayuran? Apakah mereka suka yogurt? Anda dapat mencatat jenis makanan dan menandai seberapa banyak yang bisa mereka konsumsi. Semakin banyak data yang Anda masukkan, semakin baik informasi yang Anda dapatkan. Pengembang telah membuat banyak grafik yang membantu melacak perubahannya sesuai berjalannya waktu. Feed Baby tidak hanya berguna untuk pencatatan. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengatur alarm, membantu Anda mengingat kapan saatnya untuk menyusu lagi. Versi gratis memberi Anda akses ke semua fitur yang tersedia selama 20 hari, setelah itu Anda harus membeli versi pro seharga $ 4,99 untuk menggunakan fungsionalitasnya ecara penuh. Unduh: Feed Baby untuk Android di https://play.google.com/store/apps/details?id=au.com.penguinapps.android.babyfeeding.client.android.

4. Baby Daybook

Mungkin Anda ingin melacak lebih banyak daripada saat bayi Anda makan. Mungkin Anda ingin menuliskannya saat mereka tidur, popok terakhir mereka diganti, dan kamar mandi terbaru mereka. Mungkin Anda ingin mencatat tentang bagaimana mereka bereaksi terhadap obat yang diresepkan dokter atau bagaimana suhu mereka berubah sepanjang hari. Baby Daybook adalah aplikasi yang memungkinkan Anda melakukan semua hal tersebut. Anda memiliki opsi untuk mengubah warna antarmuka. Anda pun dapat menyinkronkan data melalui Dropbox jika Anda memiliki beberapa perangkat atau perlu membuat cadangan. Versi gratisnya didukung iklan. Anda dapat menghapusnya dan membuka statistik terperinci dengan memutakhirkan ke pro dengan membayar sebesar $ 2,99. Baby Daybook dapat diunduh dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.drillyapps.babydaybook.