Rabu, 09 Januari 2019

Cara Sharing Printer di Windows 10

HomeGroup adalah fitur yang telah ada selama bertahun-tahun, dan memungkinkan perangkat untuk dengan mudah berbagi sumber daya, seperti file dan printer, dengan komputer Windows lainnya di jaringan lokal. Namun, dimulai dengan Pembaruan Windows 10 April 2018 (versi 1803), Microsoft menyudahi fitur ini. Akibatnya, Anda tidak akan lagi menemukan opsi ini di File Explorer, Control Panel, atau pengaturan Troubleshoot. Lalu bagaimana cara sharing printer di Windows 10?



Microsoft sepertinya ingin agar pengguna memakai tool bawaan terbaru Share, Nearby sharing, OneDrive, dan Windows 10's built-in file and print sharing. Jika Anda termasuk pengguna yang terbiasa mengandalkan HomeGroup untuk berbagi sumber daya dengan orang lain di jaringan, Anda dapat terus berbagi konten setelah memutakhirkan ke versi 1803, tetapi langkah-langkahnya akan berbeda. Dalam panduan Windows 10 ini akan dijelaskan langkah-langkah untuk terus bisa berbagi file dan printer di jaringan rumah Anda tanpa HomeGroup setelah pindah ke Pembaruan April 2018.

Di Windows 10, ada beberapa cara untuk berbagi file dengan orang lain, termasuk menggunakan fungsi Share, OneDrive, dan fitur berbagi file. Jika Anda ingin mentransfer file satu kali ke seseorang di seberang ruangan atau di seluruh dunia, Anda dapat menggunakan opsi Share :

1. Buka File Explorer (tombol Windows + E).
2. Telusuri ke folder dengan file yang ingin Anda bagikan.
3. Pilih satu, banyak, atau semua file (Ctrl + A).
4. Klik tab Share.
5. Klik tombol Share.
6. Pilih metode berbagi, termasuk: E-mail, Nearby Sharing, Aplikasi Microsoft Store.
7. Lanjutkan dengan petunjuk di layar untuk membagikan konten.

Jika Anda ingin berbagi file dengan perangkat terdekat, Anda perlu memastikan bahwa fitur Nearby Sharing sudah diatur dan dikonfigurasi dengan benar pada komputer Anda serta pada perangkat tujuan. Fitur Nearby Sharing tersedia di komputer yang menjalankan Pembaruan Windows 10 April 2018 dan yang lebih baru yang menggunakan adaptor Bluetooth yang kompatibel.

Meskipun Anda juga bisa menggunakan File Explorer untuk berbagi file yang disimpan di OneDrive dengan orang lain, langkah-langkahnya sedikit berbeda :

1. Buka File Explorer (tombol Windows + E).
2. Telusuri ke folder OneDrive yang menyertakan file yang ingin Anda bagikan.
3. Klik kanan file, dan klik opsi Share a OneDrive Link.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, tautan unik ke file akan dibuat dan disalin ke clipboard. Anda sekarang dapat mengklik kanan, menempel, dan mengirim tautan ke konten menggunakan email, layanan online, atau jenis layanan pesan lainnya.

HomeGroup juga menawarkan kemampuan untuk sharing printer yang terhubung langsung ke komputer dengan perangkat lain di jaringan, tetapi bahkan tanpa fitur tersebut, Anda masih dapat berbagi printer USB dengan cukup mudah di Windows 10. Untuk sharing printer dengan pengguna lain di jaringan lokal, lakukan hal berikut:

1. Buka Settings.
2. Klik Devices
3. Klik pada Printer & Scanners.
4. Di bawah "Printer & Scanners" pilih printer yang ingin Anda bagikan.
5. Klik tombol Manage.
6. Klik tautan Printer Properties.
7. Klik pada tab Sharing.
8. Periksa opsi Share this printer.
9. Di bidang "Share name", ketikkan nama deskriptif baru. (Jika ini adalah satu-satunya printer di jaringan, Anda cukup menggunakan nama default.)
10. Klik Apply.
11. Klik OK.
12. Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, hal terakhir yang harus dilakukan adalah menghubungkan semua perangkat di jaringan lokal ke printer bersama yang baru.

Untuk menghubungkan komputer ke printer yang dipakai bersama, lakukan hal berikut:

1. Buka Settings.
2. Klik Devices.
3. Klik pada Printer & Scanners.
4. Klik tombol Add a printer or scanner.
5. Jika perangkat ditemukan, pilih, dan ikuti petunjuk di layar untuk menginstal printer. Bila ternyata nama printer tak ditemukan, ikuti langkah berikut.
6. Pilih opsi Select a shared printer by name.
7. Klik tombol Browse.
8. Klik dua kali nama komputer yang berbagi pakai printer.
9. Pilih printer.
10. Klik tombol Select.
11. Klik tombol Next.
12. Klik tombol Next lagi.
13. Klik tombol Finish.
14. Setelah menyelesaikan langkah-langkah tadi, Anda harus mengulangi instruksi yang sama pada perangkat yang tersisa yang akan menggunakan printer bersama.

Jika Anda berurusan dengan perangkat yang menjalankan versi Windows 10, Windows 8.1, atau Windows 7 yang lebih lama, Anda dapat dengan cepat terhubung ke printer jaringan menggunakan langkah-langkah berikut:

1. Buka Control Panel
2. Klik pada View devices and printers.
3. Klik tombol Add printer.
4. Jika perangkat ditemukan, pilih, dan ikuti petunjuk di layar untuk menginstal printer. Jika tidak, klik The printer that I want isn't listed.
5. Pilih opsi Select a shared printer by name.
6. Klik tombol Browse.
7. Klik dua kali nama komputer yang berbagi pakai printer.
8. Pilih printer.
9. Klik tombol Select.
10. Klik tombol Next.
11. Klik tombol Next lagi.
12. Klik tombol Finished.