Urut Urutan Cara Membuat OA LINE

Official Account LINE atau OA LINE adalah fitur turunan LINE dengan target market perusahaan-perusahaan. Layanan OA LINE ini sendiri sudah memiliki pengguna kurang-lebih 90 juta akun hingga medio 2016 sehingga cukup potensial bagi perusahaan dalam memasarkan brand yang dimilikinya. OA LINE sejatinya telah cukup lama dirilis namun masih banyak yang belum ngeh tentang layanan yang satu ini. Selain cara membuat Official Account LINE yang tidak tahu, manfaat yang akan diperolehnya pun masih disalahpahami. Parahnya lagi, banyak yang tak dapat membedakannya dengan akun LINE biasa.



OA LINE menerapkan sistem komunikasi open relationship atau hubungan terbuka. Berarti, komunikasi yang berlangsung di OA LINE lebih menitikberatkan satu akun bisa berhubungan dengan banyak akun OA lain. Fitur tersebut tentu pas dengan segmen market OA LINE yaitu perusahaan dan public figure, yang mana mereka membutuhkan kenyamanan saat berinteraksi dengan followers sekaligus juga untuk kemudahan menjual produk.

Tak afdol kiranya menerangkan LINE Official Account namun tak menyoal fasilitas yang akan diterima oleh pemilik akun dalam hal ini perusahaan. Beberapa fasilitas yang akan diberikan bila pengguna memilih akun OA LINE adalah sebagai berikut :

1. Pesan broadcast

OA LINE akan memberikan fasilitas dalam pengiriman pesan ke followers. Dengan menggunakan fitur tersebut, pemilik akun dapat men-share aneka info promo terbaru atau memberikan informasi lengkap mengenai perusahaan cukup dengan sekali klik.

2. Timeline

Kecuali pesan broadcast, pemilik akun pun dapat memposting detil lengkap perihal perusahaan di halaman timeline. Di halaman tersebut followers dapat berkomunikasi lewat memberikan tanda like atau meninggalkan komentar di posting.

3. Rich messages

Fitur ini adalah fasilitas untuk menyatukan gambar dengan teks di sebuah gambar. Dengannya pengguna akan lebih mudah membuat posting yang interaktif yang pasti disukai followers.

4. PR page

PR page atau halaman pers release, pemilik akun dapat mengisinya dengan artikel panjang yang tak bisa dibuat bila menggunakan fitur pesan biasa. Di samping itu pemilik akun pun dapat membuat kupon dimana nantinya dapat digunakan followers menikmati promo yang ditawarkan.

5. Research page

Fasilitas laman riset ditawarkan untuk membuat akun OA LINE makin interaktif. Pemilik akun dapat menggunakan fitur tersebut untuk meluncurkan semacam kuesioner atau pooling. Di samping hasil statistik, pemilik akun pun akan memperoleh data demografi peserta kuesioner dan pooling yang diluncurkan.

6. Keyword answer

Termasuk aktifitas yang merepotkan OA yaitu menawab pertanyaan yang sama dari followers berbeda. Dengan fitur ini pemilik akun akan lebih mudah dalam menentukan kata kunci pertanyaan yang tersering ditanyakan. Pemilik akun dapat menentukan jawaban dari pertanyaan tersebut sesuai dengan keyword yang sudah dipilih.

Bagi yang masih awam, bagaimana cara membuat OA LINE? terlebih dulu unduh dulu aplikasi Line@ yang untuk pengguna Android bisa mendapatkannya di Google Play Store dari link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.linecorp.lineat.android. Begitu terinstal di perangkat, luncurkan aplikasinya kemudian ketuk “Start LINE@” untuk mulai membuat Official Account LINE. Untuk yang telah memiliki akun LINE bisa langsung memilih menu “Start with LINE.”

Langkah selanjutnya cara membuat OA LINE yaitu  ketuk “Allow” lalu “Create Account.” Halaman yang ditampilkan mempersilahkan Anda menciptakan nama akun Official LINE sesuai keinginan. Anda pun dapat memilih jenis bisnis dan berbagai informasi lain terkait akun LINE@ yang hendak Anda buat. Penting untuk mnegunggah foto yang bisa mewakili bisnis anda. Apabila telah lengkap semua maka ketuk “Register.” Centang Terms and Conditions yang dipersyaratkan dalam menggunakan OA LINE. Selanjutnya, ketuk “NEXT” untuk menyelesaikan prosesnya.