Tips Praktis Belajar Mengetik 10 Jari di Laptop atau PC

Bagi sebagian orang, mengetik di komputer atau laptop adalah aktifitas dan bahkan sebagai pekerjaan sehari-hari yang harus diselesaikan. Hanya saja cukup sedikit mereka yang handal mengetik di keyboard secara cepat memakai 10 jari. Mengetik menggunakan 10 jari yang kesemuanya difungsikan memang cukup sulit jika telah terbiasa mengetik memakai metode 2 jari. Perlu diketahui bahwa mengetik menggunakan 10 jari akan menjadikan seseorang lebih produktif sebab bisa lebih cepat serta melatih otak berkonsentrasi penuh.



1. Buang kebiasaan mengetik dengan 2 jari

Tidak sedikit orang yang mengetik menggunakan metode dua jari. Kebiasaan itu tak bagus sebab mata mesti terus memperhatikan keyboard sehingga tak keliru memencet tombol. Kendati Anda dapat mengetik cepat memakai 2 jari sebab telah menjadi kebiasaan namun mulai kini mesti berlatih menggunakan teknik yang benar.

2. Mulai berlatih menggunakan 10 Jari

Demi merubah kebiasaan menggunakan 2 jari, Anda mesti mulai berlatih dengan 10 jari. Apabila Anda mengamati atau meraba keyboard laptop dengan teliti, terlihat tonjolan kecil di bawah huruf F dan huruf J. Fungsinya adalah membantu pengguna memposisikan jari dengan pas di atas keyboard tanpa harus melihat. Jari yang ditempatkan di atas huruf F dan J yaitu telunjuk kiri dan kanan . Lalu jari yang lain menyesuaikan dengan huruf di sebelahnya. Jari tengah dan jari manis difungsikan untuk menekan beberapa tombol saja. Sedangkan jari telunjuk difungsikan untuk mengetik huruf-huruf di bidang tengah keyboard. Adapun tombol navigasi, tanda baca, dan fungsi, seluruhnya dikendalikan jari kelingking kanan dan kiri.

3. Pantang melihat keyboard

Biasakan untuk tak melihat keyboard saat mengetik. Sebab dengan melihat keyboard maka proses mengetik malah akan lamban. Kebiasaan tersebut pastinya tak akan bisa dirubah dalam waktu singkat, Anda mesti melatihnya sampai lancar. Sebagai bentuk latihan, coba ketikkan beberapa kata yang paling kerap ditulis dengan tidak melihat keyboard. Ingat-ingat letak huruf-huruf tadi sampai jari secara otomatis hafal.

4. Manfaatkan tombol Shortcut

Platform Windows ataupun Mac menawarkan berbagai kombinasi tombol shortcut di keyboard untuk mempermudah pengguna menjalankan fungsi tertentu tanpa dukungan mouse. Mulai membiasakan diri memakai tombol shortcut itu sehingga Anda tak usah lagi memakai mouse. Berikut berbagai kombinasi shortcut yang jamak difungsikan :

Ctrl + C = Copy
Ctrl + X = Cut
Ctrl + V = Paste
Ctrl + Z = Undo
Ctrl + S = Save
Ctrl + F = Pencarian kata
Ctrl + A = Highlight semuanya
Shift + Panah Kanan atau Kiri = Hightlight huruf di sebelahnya
Ctrl + Shift + Panah Kanan atau Kiri = Highlight kata di sebelahnya
Ctrl + Panah Kanan atau Kiri = Memindahkan kursor ke kata di sebelahnya tanpa highlight
Home = Menuju ke awal baris
End = Menuju ke akhir baris
Page Up = Scroll up
Page Down = Scroll down
Alt + Tab = Berpindah ke jendela selanjutnya
Alt + Shift + Tab = Berpindah ke jendela sebelumnya
Alt + F4 = Menutup jendela yang sedang dibuka

Di samping untuk kebutuhan di atas, Anda pun bisa memanfaatkan berbagai kombinasi shortcut yang lain manakala tengah berselancar di internet. Berikut beberapa shortcut yang bisa digunakan di web browser:

Ctrl + Tab = Berpindah ke tab selanjutnya
Ctrl + Shift + Tab = Berpindah ke tab sebelumnya
Ctrl + T = Memuka tab baru
Ctrl + W = Menutup tab yang sedang dibuka
Ctrl + Shift + T = Membuka tab yang baru saja ditutup
Ctrl + R = Merefresh halaman
Ctrl + N = Membuka jendela browser yang baru
Backspace = Kembali ke halaman sebelumnya
Shift + Backspace = Maju ke halaman setelahnya

Memakai beberapa kombinasi shortcut tadi pun secara tak langsung bisa melatih jari kelingking Anda. Soalnya bermacam macam tombol modifier misalnya Ctrl, Alt, dan Shift terletak di bagian yang dekat dengan posisi jari kelingking.

5. Atur posisi duduk ketika mengetik

Mengatur cara duduk secara tepat ketika sedang mengetik pun bisa membantu Anda berlatih mengetik 10 jari. Menggunakan cara duduk yang tepat pastinya membuat proses mengetik menggunakan 10 jari menjadi lebih mudah. Anda mesti duduk dimana bagian punggung lurus tak membungkuk. Hal itu untuk mengurangi rasa pegal setelah beberapa lama mengetik. Pastikan ketika tengah duduk, pandangan mata lurus ke layar. Supaya mata tak sakit, Anda perlu memperhatikan jarak mata dengan layar yang idealnya antara 45 – 70 cm.