Path for PC, Bagaimana Caranya

Aplikasi favorit semisal Path umumnya cuma dapat dibuka melalui ponsel atau tablet semata. Namun dalam perkembangannya, ada program Path for PC dengan App Runtime for Chrome (ARC). ARC yang diluncurkan Google memungkinkan aplikasi Android bisa dibuka di PC berplatform sistem operasi Chrome, Windows, MacOs, dan juga browser Chrome. ARC memungkinkan aplikasi Android dijalankan di browser Chrome. Pengguna tidak akan membutuhkan smartphone untuk menggunakan dan menikmati aplikasi Path, hanya PC dengan browser Chrome.



ARC masih dalam versi beta dan karenanya pengguna mungkin masih menemukan bug. Selain itu, pengguna tidak dapat menginstal aplikasi dari Google Play Store. Pengguna memerlukan paket aplikasi Android atau APK, atau aplikasi Android yang telah disimpan dalam file ZIP. Untuk menjalankan file APK, pengguna harus terlebih dahulu mengunduhnya dari salah satu dari sejumlah repositori di Internet. Setelah diunduh, pengguna dapat memuatnya di ARC Welder. Tidak ada jaminan semua (atau apa pun) dari aplikasi Android yang dicoba akan berfungsi atau akan dapat digunakan.

Untuk menjalankan Path for PC pengguna pertama kali harus menginstal ARC Welder pada komputer. ARC Welder tersedia di Chrome Web Store di browser Chrome. Klik tombol "Install" untuk memulai. Klik "Add" untuk menginstal ARC Welder ke dalam browser Chrome. Setelah aplikasi ARC Welder ditambahkan, pengguna bisa memilih beberapa aplikasi dalam bentuk APK atau Zip untuk dijalankan. Ada banyak link di internet di mana pengguna dapat mengunduh file APK yang diinginkan. Setelah file APK diunduh, buka browser Chrome, kemudian mulai aplikasi ARC Welder.

Saat pertama kali menjalankannya, pengguna harus memilih direktori tempat APK dapat ditulis. Klik "Choose" dan kemudian pilih lokasi yang ada atau buat yang baru. Selanjutnya, saatnya memuat APK pertama kali klik “Add your APK” untuk memulai. Arahkan ke folder tempat menyimpan file APK dan pilih satu. Sekarang pengguna akan disajikan dengan beberapa opsi, seperti orientasi tampilan yang akan digunakan, metadata yang ingin ditambahkan, dan sebagainya. Pengguna tidak perlu khawatir akan mengacaukan semua sistem, biarkan semuanya dalam posisi default dan klik “Launch App”.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, tak semua aplikasi Android bisa berjalan dengan baik. Aplikasi Twitter berfungsi, seperti halnya Instagram, dan juga Path. Jika pengguna selanjutnya membuka aplikasi Android di Chrome maka tidak perlu lagi memuatnya melalui ARC Welder. Namun, pengguna hanya dapat menjalankan satu aplikasi Android pada satu waktu. Lain kali pengguna memuat APK dari ARC Welder maka akan menghapus aplikasi sebelumnya. Tidak hanya pada Chrome OS tetapi Path for PC pun bisa dijalankan pada perangkat Windows, OS X, atau sistem lain dengan browser Chrome di dalamnya.

Untuk yang masih belum mengenal, Path adalah aplikasi jejaring sosial untuk smartphone yang memungkinkan penggunanya berbagi apa yang terjadi dalam hidup merek dengan teman dan keluarga. Aplikasi ini agak seperti Twitter atau Instagram, tetapi ada perbedaan yang cukup signifikan. Tidak seperti platform media sosial lainnya di mana jumlah teman yang lebih banyak selalu lebih baik, Path membatasi setiap pengguna hanya boleh memiliki maksimal 50 teman. Idenya adalah pengguna hanya berbagi dengan orang-orang yang benar-benar dipercayai sehingga benar-benar pribadi dan ekslusif.

Berbagi foto adalah fitur utama Path. Pengguna bisa menjepret menggunakan ponsel mereka, memberikan tag dengan sejumlah orang, tempat, atau hal-hal lain, dan bagi dengan teman-teman. Foto itu akan muncul di Path mereka, dan fitur yang disebut "See" akan menunjukkan kepada pengguna siapa teman yang benar-benar mampir dan melihat foto tersebut. Path sendiri merupakan gagasan dari Dave Morin, seorang bekas karyawan Facebook bersama dengan Shawn Fanning, pendiri Napster, dan Dustin Mierau, pengembang klien Mac Napster Macster. Ketiganya adalah tim yang cukup mengesankan sehingga wajar jika Path sangat disukai banyak pengguna di seluruh dunia.