5 Aplikasi Cetak Foto Handal dengan Hasil Menakjubkan

Dengan modal hanya sebuah kamera digital ditambah printer, Anda dapat mencetak foto beragam ukuran dengan hasil memuaskan. Anda pun tak usah ribet lagi mendatangi toko cetak foto sebab mengandalkan aplikasi pencetak foto berikut ini Anda bisa mengedit foto untuk kemudian dicetak di printer. Berikut beberapa aplikasi cetak foto yang bisa digunakan untuk edit foto, menata file foto yang hendak diprint, dan beberapa fitur berguna lain.



1. Picasa

Picasa tersedia sebagai pilihan aplikasi cetak foto yang dapat didownload gratis. Picasa bisa digunakan dengan baik untuk perangkat dengan OS Windows misalnya di komputer atau laptop. Software ini menghadirkan kelebihan utama yaitu gampangnya proses edit dan mengatur foto. Begitu pengguna selesai mengedit foto, mereka bisa membuat album foto pribadi dari aplikasi ini. Selanjutnya, hasil foto pada album Picassa bisa dinikmati secara online oleh pengguna lain. Unduh Picasa dari sini https://picasa.en.uptodown.com/windows.

2. IrfanView

Aplikasi ini pun gratis dan didesain khusus bagi perangkat bersistem operasi Windows. Pengguna bisa memakai IrfanView untuk kebutuhan pribadi misalnya mengedit foto keluarga atau yang lainnya. Menggunakan aplikasi tersebut, pengguna bisa mengedit simpel menggunakan sejumlah fitur yang tersedia. Agar bisa mencetak hasil foto hasil olahan IrfanView, pengguna bisa menghubungkan laptop atau komputer ke printer. Unduh program IrfanView dari sini https://www.irfanview.com/64bit.htm.

3. PhotoScape

Semula PhotoScape cuma semata program edit foto. Kemudian sejalan dengan kemajuan zaman dan fitur-fitur PhotoScape yang makin lengkap, aplikasi ini pun dapat digunakan untuk mencetak foto disesuaikan dengan resolusi maupun ukuran kertas yang dikehendaki. Di samping mencetak, pastinya pengguna dapat mengedit foto lebih dulu sebab memang dari awal PhotoScape adalah untuk tujuan itu. Tertarik? Silahkan unduh aplikasinya dari sini http://www.photoscape.org/ps/main/index.php.

4. Paint.NET

Paint.NET termasuk aplikasi gratis dimana pengembangannya memanfaatkan donasi sukarela dari tiap pengguna yang puas dan ingin ikut mendanai kehadiran aplikasi ini. Paint.NET cuma bisa digunakan untuk PC atau laptop bersistem operasi Windows saja, namun fitur yang disediakan sangat lengkap. Terdapat fitur undo tanpa batas bila ingin membatalkan hasil editing yang dianggap tidak sesuai keinginan. Paint.NET dikembangkan untuk kalangan pemula, namun juga handal untuk kalangan profesional. Paint.NET merupakan aplikasi cetak foto yang cukup bagus saat pengguna hendak mencetak dengan jenis kertas matte atau glossy.

5. GIMP

Aplikasi GIMP atau GNU Image Manipulation Program ini juga gratis dan bisa berjalan di berbagai sistem operasi dari perangkat yang digunakan. Dari sisi kegunaan, GIMP menyediakan kemampuan dan fitur yang menyamai Adobe Photoshop sehingga bisa diandalkan untuk proses editing foto secara paripurna. Menggunakan GIMP, pengguna dapat mengembangkan kreativitas untuk menghasilkan album foto berdesain menarik.

Kenapa foto harus diolah menggunakan aplikasi cetak foto lebih dulu sebelum diprint menggunakan printer? Sebab dengan proses edit tersebut akan memperbaiki resolusi foto atau juga menutup kekurangan pada foto dengan begitu hasil foto yang dihasilkan akan terlihat lebih baik dan luar biasa. Rekomendasi beberapa aplikasi yang hebat untuk mencetak foto di atas dibuat berdasarkan apa yang yang digunakan pengguna. Pilih sesuai dengan proses editing semacam apa yang diinginkan. Ingin yang lengkap setara Photoshop maka gunakan saja GIMP atau yang simpel, gunakan Paint.NET.