Petunjuk Instalasi Aplikasi SAS 2018 Versi Terbaru

Tak bisa dipungkiri bahwa tidak semua aplikasi bawaan sesuai dengan kebutuhan. Solusi terbaiknya, anda harus mengunduh aplikasi yang anda butuhkan di Play Store. Adapun salah satu aplikasi yang saat ini sedang banyak diunduh ialah aplikasi SAS 2018 versi terbaru. Aplikasi SAS (Sistem Aplikasi Satker) itu sendiri adalah aplikasi yang digunakan guna membuat SPM (Surat Perintah Membayar). Tak hanya itu, aplikasi ini juga membantu dalam beberapa fungsi terpadu lainnya pada rangka pelaksanaan APBN.

Dalam aplikasi SAS 2018, ada beberapa modul penting yang perlu anda perhatikan. Modul tersebut meliputi modul admin, PPK, PPSPM, dan bendahara. Modul admin digunakan untuk backup data, transfer pagu sekaligus revisi, setting referensi, dan lain sebagainya. Untuk modul PPK berfungsi untuk membuat SPP, SPBy, dan lain sebagainya. Sedangkan modul PPSPM berperan untuk membuat SPM, load master, transfer SPM ke KPPN, catat no SP2D, dan lain-lain. Berbeda halnya dengan modul bendahara, dimana digunakan untuk membuat laporan pertanggungjawaban bendahara.
Instalasi Aplikasi SAS 2018

Aplikasi SAS 2018 sangat mudah diinstall. Pasalnya, pada dasarnya cara install aplikasi ini sama dengan cara install aplikasi lainnya. Cara install aplikasi SAS versi terbaru ini pun sebenarnya juga sama dengan instalasi aplikasi SAS pada tahun sebelumnya. Adapun cara install aplikasi SAS versi terbaru ini ialah sebagai berikut.

Penginstall aplikasi SAS versi terbaru ini terdiri dari dua file, yakni Install_Aplikasi_SAS2018_v18.0.0.exe serta Install_Database_SAS2018_v18.0.0.exe. Anda klik kanan saja pada Install_Aplikasi_SAS2018_v18.0.0.exe lalu pilih Run As Administrator. Kemudian anda klik Lanjut dan tunggu sampai proses instalasi selesai. Apabila di laptop telah ada aplikasi SAS tahun sebelumnya, anda hilangkan centang pada “Jalankan Install ODBC MySQL”, kemudian lalu klik Selesai.

Lain halnya apabila di laptop tidak ada aplikasi SAS versi sebelumnya, biarkan saja tetap tercentang “Jalankan Install ODBC MySQL”, lalu klik Selesai. Nantinya akan muncul kotak dialog untuk instalasi ODBC Connector. Anda klik Next sampai proses selesai. Setelah itu, anda install database aplikasi SAS versi terbaru. Kemudian klik kanan pada file Install_Database_SAS2018_v18.0.0.exe dan pilih Run As Administrator. Anda klik Lanjut. Lalu klik Install dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Apabila muncul kotak Command Prompt, anda abaikan saja hal tersebut. Jangan anda tutup kotak Command Prompt tersebut sampai menghilang dengan sendirinya. Tak butuh waktu lama, proses instalasi selesai. Nantinya dekstop anda akan muncul icon aplikasi SAS versi terbaru. Anda bisa login dengan menggunakan user : admin, dan password : admin. Apabila instalasi yang anda lakukan berhasil, maka aplikasi SAS versi terbaru tahun 2018 ini bisa berjalan dengan baik. Anda pun bisa segera memanfaatkannya dan merasakan beragam keunggulan aplikasi SAS versi terbaru ini.
keyword: aplikasi sas 2018