Minggu, 03 Maret 2019

5 Aplikasi Ojek Online Populer di Indonesia

Layanan ojek menggunakan aplikasi online lagi tren di Indonesia dalam beberapa tahun ini. Masyarakat pun sudah begitu familiar dengan jenis ojek yang satu ini. Selain karena proses pemesanannya yang simpel, biaya pun transparan, murah dan yang pasti pelayanannya lebih memuaskan. Malah, ojek online kini pun tak cuma melayani antar penumpang namun juga antar paket, antar makanan, beli tiket bioskop dan bahkan pesan tukang pijit.

Aplikasi ojek online sudah banyak menjangkau berbagai kota besar di tanah air mulai dari kawasan Jabodetabek, Semarang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Medan, Makassar, dan beberapa kota besar lain. Anda mungkin tertarik untuk menggunakan layanan ojek online yang beroperasi di tanah air, berikut daftarnya untuk Anda :



1. GO-JEK

Inilah pionir aplikasi ojek online di Negara kita. Boleh dikatakan GO-JEK merupakan layanan ojek online terbesar di Indonesia dengan berbagai fitur yang lengkap. Sejak kehadiran GO-JEK, maka tak berapa lama kemudian muncul pula aplikasi ojek online lain yang ikut bermain. Aplikasi yang dibuat Nadiem Makarim ini menawarkan salah satunya adalah layanan GO-RIDE yaitu ojek penumpang dengan motor, GO-FOOD yaitu fitur membelikan makanan dan minuman sesuai keinginan pengguna, GO-TIX adalah fitur beli tiket bioskop atau pertunjukan lainnya, GO-SEND sebagai layanan pengiriman paket, dan GO-MART yaitu fitur berbelanja kebutuhan sehari-hari. Aplikasi GO-JEK dapat diunduh dari link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gojek.app.

2. GrabBike

Pesaing utama GO-JEK ini menawarkan fasilitas GrabCar untuk pengguna yang hendak diantar menggunakan mobil pribadi plat hitam, GrabTaxi untuk layanan taksi konvensional terdekat dengan posisi pengguna, GrabBike untuk layanan ojek sepeda motor, dan GrabExpress untuk layanan pengiriman barang dan dokumen. Layanan GrabBike menyediakan cara pembayaran baik cash, credit card, ataupun mobile wallet. GrabBike sering menawarkan berbagai promo menarik berupa diskon biaya. Tarif yang diberlakukan pun transparan sebab sudah tertera di aplikasi saat pengguna menempatkan pemesanan. Unduh GrabBike dari link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.grabtaxi.passenger&hl=in.

3. UberMotor

Sebetulnya hampir serupa dengan GrabCar, yang mana pengguna dapat memesan kendaraan pribadi berplat hitam untuk mengantarkan ke tempat tujuan. Ongkos layanan Uber pun terbuka yang sudah tertera ketika menempatkan order. UberMotor sementara baru berjalan untuk wilayah Jakarta saja. Baik UberMotor maupun UberX (Uber untuk mobil) menggunakan aplikasi sama. Setiap penumpang akan dipinjami helm kemudian juga kacamata. Aplikasi UberMotor tersedia dari tautan berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ubercab&hl=in.

4. TeknoJek

Kendaraan yang disiapkan TeknoJek boleh jadi tak begitu banyak, namun menurut review yang tertera di Google Play Store sepertinya aplikasi ini cukup memuaskan. Kini, TeknoJek telah memiliki rating 4,3 di Google Play Store. Fitur TJek dari TeknoJek adalah layanan ojek yang bisa digunakan konsumen, sementara TDrop adalah fitur logistik atau pengiriman paket. Asyiknya lagi pengguna aplikasi ini dapat menikmati pendapatan tambahan berupa bonus bila ikut mempromosikan aplikasi TeknoJek kepada pengguna lain. Layanan TeknoJek sekarang ini baru ada untuk wilayah Jabodetabek. Silahkan unduh TeknoJek dari sini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.teknojek.teknojek&hl=in.

5. Bang-Ojek

Aplikasi ini memiliki wilayah layanan hanya di kota Yogyakarta saja. Bang-Ojek mematok biaya dari Rp.1.500 per kilometer. Bila konsumen cuma memakai Bang-Ojek untuk jarak hingga 10 km saja, tarif yang dikenakan pun cuma Rp.15.000 saja. Bilamana pada aplikasi semacam lainnya konsumen mesti menginput rute penjemputan dan pengantaran lebih dulu, aplikasi Bang-Ojek akan menemukan pengemudi dengan lokasi terdekat dengan konsumen, kemudian konsumen akan diberitahukan nama driver berikut kendaraannya, selanjutnya konsumen memilih lokasi penjemputan dan pengantaran.

Aplikasi transportasi online yang populer di Indonesia adalah sebagaimana daftarnya di atas. Konsumen bisa memilih sendiri layanan mana yang paling pas dengan kebutuhan mereka. Sedangkan soal tarif, kebanyakan menerapkan biaya yang sama-sama murah.