Cara Membuat Subtitle Film di Android

Menonton film / video di ponsel android memiliki kelebihannya sendiri, Anda dapat menontonnya di mana saja dengan sekali ketuk. Portabilitasnya menarik, tetapi itu juga berarti Anda mungkin mendapati mendengarkan suara film tersebut agak sedikit sulit. Di sinilah subtitle membantu, Anda dapat menyiapkan semua yang dikatakan dalam film atau video secara real-time. Jadi, bahkan jika Anda melewatkan sesuatu, Anda dapat dengan mudah membacanya.



Teks subtitle cukup berguna karena berbagai alasan, Anda dapat menggunakannya untuk memahami film dalam bahasa asing, atau mungkin Anda hanya ingin memastikan Anda tidak melewatkan apa pun. Mendapatkan subtitle untuk video di ponsel android sebenarnya cukup mudah. Anda dapat mengunduh file subtitle secara terpisah dan menambahkannya ke pemutar video Anda atau menggunakan aplikasi untuk mengunduh subtitle secara otomatis. Berikut ini cara membuat subtitle di Android :

1. Tambahkan Subtitles ke VLC for Android (Secara Manual)

Mungkin bukan aplikasi pemutar video default ponsel Anda, tetapi sebagian besar aplikasi pemutar video / film di Google Play Store mendukung kemampuan untuk menambahkan subtitle. Subtitle sebenarnya datang sebagai file terpisah dari file video Anda dan dapat diunduh dan ditambahkan secara terpisah. Jadi Anda dapat dengan mudah mengunduh file subtitle dan melampirkannya ke video, atau pemutar video dapat melakukannya untuk Anda. Prosesnya hampir sama untuk semua aplikasi, tetapi beberapa aplikasi mungkin menawarkan beberapa fitur tambahan. Namun, tetap tidak membingungkan karena proses penambahan subtitle memang sama. Sebelum menambahkan subtitle ke pemutar video VLC, kita harus benar-benar mendapatkan file subtitle di ponsel. Ada banyak situs web yang memungkinkan Anda mengunduh file subtitle film, acara TV, dan video musik. Sebagian besar file tersebut benar-benar gratis untuk digunakan dan menawarkan terjemahan dalam berbagai bahasa. Beberapa situs web populer seperti : subscene.com; opensubtitles.org. atau subtitlefilm.org. Buka salah satu situs web tersebut dan cari film / acara TV yang ingin Anda unduh subtitle-nya. Setelah ditemukan, ketuk unduhan untuk mengunduhnya di ponsel Anda. Jika Anda mengunduh subtitle di PC Anda, maka disarankan untuk mentransfernya ke folder “Unduhan” perangkat Anda. Dengan cara ini akan lebih mudah bagi aplikasi pemutar video untuk mencari file.

Sekarang Anda memiliki file subtitle (kemungkinan besar dengan ekstensi .srt), sekarang saatnya untuk menambahkannya ke video Anda di VLC player. Buka VLC player dan mainkan video yang kamu unduh file subtitle-nya. Di VLC for Android, jika file subtitle ada di folder "Unduhan", itu akan secara otomatis ditambahkan ke video. Jika tidak ada di folder "Unduhan" atau tidak ditambahkan secara otomatis, lalu ketuk tombol Subtitles di sebelah kiri tombol "Play" dan kemudian ketuk pada "Select subtitle file". Di sini, Anda perlu menavigasi ke lokasi tempat Anda menyimpan file subtitle. Jika file ada di kartu SD Anda dan Anda tidak bisa melihatnya, maka ketuk "Pengaturan" di sudut kanan atas dan dari sana periksa opsi "Display advanced devices". Anda seharusnya dapat melihat memori kartu SD dan memori internal Anda, sekarang cukup navigasikan ke lokasi yang tepat dan ketuk file untuk menambahkannya. Sekarang Anda akan dapat melihat semua Subtitles secara real-time.

2. Tambahkan Subtitles ke MX Player

Proses menambahkan subtitle ke MX Player juga sangat mirip. Cukup luncurkan aplikasinya dan putar video subtitle yang Anda dapat. Untuk memuat Subtitle, ketuk pada menu utama di sudut kanan atas layar (tiga titik vertikal) dan kemudian ketuk pada “Subtitle”. Sekarang, cukup ketuk tombol "Open", lalu cari dan tambahkan file subtitle dari ponsel Anda. Subtitle sekarang ditambahkan dan Anda akan melihatnya di video.

3. Gunakan Pengunduh Subtitle Khusus untuk Android (Otomatis)

Sekarang setelah Anda tahu cara menambahkan subtitle ke video, sekarang saatnya untuk mengotomatiskan prosesnya. Ini bisa sangat sulit untuk melalui proses yang disebutkan di atas untuk setiap video. Inilah sebabnya mengapa Google Play Store penuh dengan aplikasi yang memungkinkan Anda mengunduh subtitle hanya dengan satu ketukan dan bahkan dalam mode batch. Sebagian besar aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan pemutar video Anda saat ini (jika Anda menggunakan yang populer) dan secara otomatis menambahkan subtitle. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan seperti : GMT Subtitle, Get Subtitles, dan SubLoader. Biasanya aplikasi tersebut datang dengan antarmuka yang sederhana. Ini akan secara otomatis mencari video di ponsel Anda dan menunjukkannya di antarmuka utama. Namun, itu tidak bekerja dengan baik dengan penyimpanan eksternal, tetapi Anda dapat secara manual mencari video jika tidak diambil. Setelah Anda memilih video, semua subtitle yang terkait dengannya akan ditampilkan. Secara default Anda akan melihat subtitle "Bahasa Inggris", tetapi Anda dapat mengubah bahasa juga dengan dukungan hingga 170 bahasa yang berbeda. Yang perlu Anda lakukan adalah mengetuk tombol unduh di sebelah subtitle dan itu akan diunduh. Ada juga tombol untuk langsung memutar video di pemutar Video favorit Anda bersama dengan subtitle yang diunduh.