Selasa, 05 Maret 2019

Cara Memperbaiki Foto yang Blur

Kekaburan atau blur yang tidak diinginkan dalam sebuah foto tentu saja mengganggu secara keseluruhan. Ini dapat membuat gambar yang bagus menjadi rusak baik karena kesalahan saat memotret atau pergerakan subjek yang tidak dapat dikontrol. Sementara blur dapat digunakan untuk efek artistik yang hebat ketika digunakan dengan sengaja misalnya mengaburkan gambar latar belakang. Cara memperbaiki foto yang blur bisa diatasi dengan program pengeditan gambar, seperti GIMP dan Photoshop.



Saat Anda mendefinisikan foto sebagai "buram atau blur" pengertiannya bisa cukup luas. Itu bisa berarti subjeknya tidak tajam. Namun ada beberapa jenis blur yang perlu diketahui untuk menentukan cara memperbaikinya. Pertama adalah blur hasil gerak dari subjek atau kamera bergerak selama pemotretan, dan kedua adalah blur yang berasal dari fokus pada bagian subjek yang salah. Motion blur bisa diperbaiki sampai batas tertentu. Namun, itu membutuhkan teknik tertentu dan alat yang lebih canggih untuk mendapatkan hasil terbaik. Sementara cara memperbaiki foto yang blur karena fokus pada bagian subjek yang salah bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut :

1. Buka gambar Anda di GIMP atau Photoshop. Kita akan menggunakan GIMP untuk contoh berikut ini.

2. Pilih "Unsharp Mask" dari menu "Filter". Di GIMP 2.10 ini berada di bawah "Filters -> Enhance -> Sharpen (Unsharp Mask)" Di Photoshop Anda akan menemukannya di "Filter -> Sharpen -> Unsharp Mask."

3. Ini akan memunculkan panel dengan beberapa pengaturan default. Anda dapat menyesuaikan pengaturan tertentu untuk mempertajam foto blur Anda.

- Menu Amount akan mengontrol kekuatan Mask. Semakin besar nilai amount, semakin banyak kontras tepi akan ditambahkan ke foto. Penting untuk menetapkan nilai ini dengan benar. Terlalu rendah maka Anda tidak akan melihat efek; terlalu tinggi, Anda akan melihat efek yang mengerikan.

- Radius mengontrol apa yang dianggap sebagai "tepi" untuk tujuan penajaman. Nilai radius kecil akan mempertajam detail halus, sedangkan nilai radius tinggi akan berlaku untuk tepi yang lebih besar.

- Threshold menentukan berapa banyak tingkat luminositas harus berubah dari satu piksel ke piksel berikutnya untuk menentukan tepi. Nilai yang lebih kecil akan menajamkan lebih banyak tepi, sedangkan nilai yang lebih tinggi melakukan sebaliknya.

Karena setiap foto berbeda, pengaturan optimal untuk setiap foto juga akan berbeda. Tidak ada pengaturan "terbaik". Anda akan mendapatkan pengalaman melalui latihan. Menerapkan terlalu tinggi sharpen akan menyebabkan tampilan kontras tinggi yang tidak menarik yang mungkin ingin Anda hindari.

4. Terapkan kombinasi pengaturan yang Anda rasa paling baik untuk mempertajam foto. Ini adalah seni dan bukan ilmu, jadi banyak percobaan akan membuat anda mampu menghasilkan foto terbaik. Saat bereksperimen, Anda mungkin ingin melihat perbandingan gambar yang dipertajam dan yang belum. Dengan mencentang kotak "Preview" On dan Off, Anda dapat beralih di antara dua gambar. Anda juga dapat mengeklik “Split View” untuk melihat perbandingan dua foto secara berdampingan. Tool tampilan split hanya tersedia di GIMP.

Metode penajaman lainnya adalah high pass filter yang menerapkan metode berbeda dalam mendeteksi edge.

1. Pertama, duplikat layer Anda dengan mengklik kanan layer dan memilih "Duplicate Layer" dari context menu.

2. Dengan layer baru terpilih, pilih "Filter -> Enhance -> High Pass" di GIMP atau "Filter -> Other -> High Pass" di Photoshop.

3. Sesuaikan pengaturan sampai Anda dapat melihat tepi yang ingin Anda pertajam, lalu klik "OK" untuk menerapkan.

4. Ubah blending mode untuk layer menjadi "Overlay" dari menu dropdown.

Untuk kontrol yang lebih terperinci, Anda dapat menyesuaikan opacity dari layer high pass setelah mengubah blending mode.

Memperbaiki blur pada foto adalah seni. Itu membutuhkan tangan yang hati-hati dan sabar. Terlepas dari kemampuan luar biasa dari komputer saat ini, tidak semua blur dapat diperbaiki. Kekaburan yang ekstrem akan tetap tidak dapat diperbaiki selamanya. Ketika tidak ada cukup data untuk membuat foto yang tajam, komputer tidak bisa membayangkannya. Namun blur yang disebabkan oleh cahaya dapat dipulihkan dalam banyak kasus.