Cara Mengatur Kecerahan Layar di Laptop Windows

Jika Anda menggunakan laptop, tablet, atau perangkat seluler lainnya, Anda perlu menyesuaikan kecerahan layar, sehingga Anda dapat melihat lebih baik, tergantung apakah Anda berada di dalam ruangan atau di luar ruangan. Windows 10, Windows 8.1 dan Windows 7, menawarkan banyak cara untuk mengatur kecerahan layar dan sebagian besar pengguna bahkan tidak tahu. Jika Anda mencari cara tercepat untuk mengubah kecerahan layar, baca tutorial berikut ini :



1. Cara mengatur kecerahan layar menggunakan pintasan keyboard (semua versi Windows)

Beberapa keyboard laptop, atau tablet Windows dilengkapi dengan tombol yang dapat digunakan untuk mengubah kecerahan layar dengan mudah. Misalnya, pada laptop HP Spectre 13t, Anda dapat menggunakan tombol F2 dan F3 untuk menurunkan atau meningkatkan kecerahan layar. Pada perangkat Surface Pro Anda dapat menekan Fn + DEL untuk meningkatkan kecerahan, dan Fn + BACKSPACE untuk menguranginya. Pada laptop Lenovo Legion Y520 dengan Windows 10, Anda dapat menekan F + F11 untuk menurunkan kecerahan dan Fn + F12 untuk meningkatkannya. Pintasan keyboard seperti itu biasanya ditemukan pada laptop dan tablet Windows dengan keyboard ponsel. Pada keyboard untuk komputer desktop, kunci tersebut tidak ada karena, pada komputer desktop, Windows tidak memungkinkan pengguna untuk mengubah tingkat kecerahan. Layar PC desktop memiliki kontrol manual untuk mengendalikan kecerahan. Itu tidak dilakukan dari Windows.

2. Sesuaikan kecerahan layar menggunakan ikon baterai dari baki sistem (hanya Windows 10)

Jika Anda menggunakan Windows 10 pada tablet atau laptop, cara cepat untuk mengubah kecerahan layar adalah dengan mengklik atau mengetuk ikon baterai di baki sistem (sudut di sisi kanan bilah tugas). Kemudian, di menu yang ditampilkan, klik atau ketuk ikon kecerahan hingga Anda mencapai level yang diinginkan. Pada beberapa laptop dan tablet Windows 10, kecerahan dinyatakan dalam persentase, dan berubah dari 0% hingga 100%. Pada beberapa perangkat seperti Surface Pro, tingkat kecerahan dinyatakan seperti Darkest, Darker, Suggested, Brighter, dan Brightest yang mewakili kecerahan 0%, 25%, 50%, 75%, dan 100%.

3. Ubah kecerahan layar menggunakan Quick Action dari Action Center (hanya Windows 10)

Pengguna Windows 10 juga dapat menggunakan Action Center untuk mengubah kecerahan. Anda dapat mengklik atau mengetuk ikon Action Center di sudut kanan bawah layar, tekan Windows + A pada keyboard Anda, atau geser ke dalam dari sisi kanan layar (saat menggunakan layar sentuh). Di Action Center, klik atau ketuk ikon kecerahan, hingga Anda mencapai tingkat kecerahan yang diinginkan. Ingatlah bahwa pada beberapa laptop dan tablet Windows 10, kecerahan dinyatakan dalam persentase sementara pada yang lain dalam kata-kata seperti Darkest, Darker, Suggested, Brighter, dan Brightest yang mewakili kecerahan 0%, 25%, 50%, 75%, dan 100%.

4. Sesuaikan kecerahan layar dari Control Panel (semua versi Windows)

Cara lain untuk mengatur kecerahan layar adalah dengan menggunakan Control Panel. Buka Control Panel dan buka "Hardware and Sound > Power Options," atau klik kanan ikon baterai dari taskbar dan pilih "Adjust screen brightness." Kedua metode itu akan membawa Anda ke jendela Opsi Power. Di bagian bawah jendela ini, cari penggeser kecerahan layar. Gunakan untuk menurunkan atau meningkatkan kecerahan tampilan.

5. Ubah kecerahan tampilan menggunakan aplikasi Pengaturan (hanya Windows 10)

Pengguna Windows 10 juga dapat menggunakan aplikasi Pengaturan untuk mengubah tingkat kecerahan. Buka Pengaturan (Windows + I), dan pergi ke Sistem. Di kolom di sebelah kiri, pilih Display. Di sebelah kanan, cari slider Change brightness slider di bawah Brightness and color. Gunakan bilah geser ini untuk mengatur kecerahan tampilan, seperti yang Anda inginkan.

6. Gunakan Windows Mobility Center untuk mengubah kecerahan tampilan (semua versi Windows)

Pengguna laptop Windows juga dapat menggunakan Windows Mobility Center untuk menyesuaikan kecerahan. Buka aplikasi Windows Mobility Center, dan gunakan penggeser kecerahan layar untuk mengaturnya sesuai keinginan.

7. Ubah kecerahan layar menggunakan setting charm (hanya Windows 8.1)

Jika Anda menggunakan Windows 8.1, buka charms. Salah satu cara cepat untuk melakukannya adalah dengan menekan Windows + C pada keyboard Anda, atau geser dari tepi kanan layar ke tengah (jika Anda menggunakan tablet). Kemudian, klik atau ketuk setting. Di bagian bawah setting charm, ada beberapa tombol. Cari satu bernama display dan klik atau ketuk di atasnya. Gerakkan slider kecerahan ke atas atau ke bawah, tergantung pada bagaimana Anda ingin mengatur kecerahan. Setelah selesai, klik atau ketuk di suatu tempat di luar setting charms untuk menghilangkannya dari layar.

Apa metode pilihan Anda untuk mengubah kecerahan layar di Windows? Itu semua adalah metode yang salah satunya mungkin lebih nyaman untuk Anda. Silahkan dicoba!