Rabu, 13 Maret 2019

Cara Mengganti Password Wifi Speedy Telkom (IndiHome)

Kebanyakan penyelenggara jasa internet di tanah air biasanya telah memberikan modem dengan kemampuan wireless router. Jadi di samping menggunakan kabel, pengguna pun dapat menikmati internet lewat jaringan WiFi. Pemain utama jasa internet di Indonesia, salah satunya adalah Telkom Speedy yang kini berganti nama menjadi IndiHome. Telkom Speedy pun menyediakan modem dengan wireless router kepada para pelanggan.



WiFi adalah salah satu jaringan yang rentan dibobol yang bisa jadi data pribadi dicuri kemudian disalahgunakan orang lain. Termasuk cara menghindari kejadian itu adalah mengganti password WiFi periodik. Bagaimana cara mengganti password WiFi untuk modem TP-Link, ZTE atau modem Huawei. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Modem TP-Link

Koneksikan laptop atau komputer ke modem TP-Link memanfaatkan kabel LAN atau koneksi WiFi. Jalankan di laptop atau PC dan ketikkan 192.168.1.1 untuk membukanya. Keluar jendela pop up untuk log-in. Apabila pengguna belum pernah menggantinya, ketikkan admin baik pada kotak username maupun kotak password lalu tekan tombol Login. Dari halaman yang ditampilkan, klik tab Interface Setup kemudian klik pada tab Wireless. Gulir ke bawah untuk memilih kategori WPS Settings. Ganti parameter pada kolom SSID dengan nama yang dikehendaki sebagai nama jaringan WiFi. Berikutnya untuk kategori WPA2-PSK, di kolom Pre-Shared-key ketikkan password baru sebagai password jaringan WiFi. Klik tombol save untuk menyimpan pengaturan tadi.

2. Modem Huawei

Pengaturan modem ini sedikit berbeda dibanding modem TP-Link. Pertama-tama koneksikan modem Huawei dengan laptop atau komputer memanfaatkan jaringan WiFi atau kabel LAN. Berikutnya masuk ke browser di laptop atau PC dan ketikkan 192.168.1.254 kemudian tekan enter. Halaman dashboard pengaturan modem Huawei akan ditampilkan. Ketikkan pada kolom username dan password dengan admin bila memang belum pernah sekalipun merubahnya. Sesudah berhasil login, klik pada menu Basic kemudian pilih menu WLAN di bawahnya. Ketikkan nama jaringan WiFi yang baru dalam kolom SSID. Di kolom bawahnya yaitu kolom WPA pre-shared key, ketikkan password baru sesuai keinginan.
Sesudah selesai coba klik tombol submit.

3. Modem ZTE

Telkom Speedy juga memberikan modem wireless router dari ZTE. Kendati lain merek, akan tetapi untuk tampilan antarmuka dari halaman pengaturan cukup mirip dengan halaman web modem TP-Link. Pun demikian dengan cara pengaturan yang hampir sama. Sehingga untuk merubah password WiFi di modem tersebut pengguna cukup mengikuti langkah-langkah sebagaimana dijelaskan untuk modem TP-Link di atas.

Cara mengganti password WiFi Telkom Speedy (IndiHome) yang memakai modem TP-Link, Huawei, dan ZTE ternyata cukup mudah. Disarankan untuk melakukan penggantian password secara periodik sehingga bisa mengurangi kemungkinan jaringan bisa dibobol pihak lain untuk tujuan kejahatan. Supaya bertambah secure, ciptakan password yang susah ditebak pihak lain. Misalnya gunakan gabungan huruf kecil, huruf besar, bilangan, maupun simbol. Jangan sekali-kali membuat password yang gampang diterka misalnya tanggal lahir, nomor rumah, nomor mahasiswa dan yang semacamnya.

Agar mudah dalam akses dan tak lupa, catat password yang baru dibuat tadi. Hal tersebut dilakukan untuk langkah antisipasi bilamana suatu ketika pengguna lupa dengan password baru itu. Pastikan juga mencatat username dan password login ke halaman pengaturan modem. Sekarang Anda sudah bisa menggunakan jaringan WiFi secara aman memanfaatkan berbagai perangkat. Silahkan dicoba!