Cara Mengatasi Memori Penuh Di Smartphone Anda

Pengguna smarphone dapat melakukan banyak hal dengan perangkatnya mulai dari mengambil gambar, melakukan chating, besocial media, bermain game hingga masih banyak lagi hal lainnya. Namun ternyata kegiatan tersebut dapat sangat terbatasi apabila terjadi masalah memori penuh. Memori yang penuh memang dapat menjadi kendala dari kegiatan anda. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa terkendala jika memori anda sudah penuh seperti gagal download, tidak dapat mengambil foto, dan bahkan tidak bisa melakukan chating atau menampung pesan masuk karena tidak ada ruang yang tersisa. Jika anda mengalami masalah seperti ini maka cara mengatasi memori penuh ini akan dapat membantu anda.

Menghapus dekumen lama
 Pengguna smarphone dapat melakukan banyak hal dengan perangkatnya mulai dari mengambil ga Cara Mengatasi Memori Penuh Di Smartphone Anda

Cara pertama yang paling lazim dilakukan apabila ternyata memori hape anda sudah sangat penuh adalah dengan menghapus dokumen atau file yang memang sudah tidak diperlukan lagi. Terkadang banyak pengguna handphone yang menyimpan banyak file dan tidak pernah menghapusnya. Sebenarnya jika file itu tidak ada dihandphone, anda tetap akan dapat merasa baik-baik saja misalnya seperti video lama yang kiranya bisa anda download lagi di internet ketika butuh, foto selfi yang terlalu banyak hingga banyak gambar lainnya. Anda sebaiknya mencoba untuk menyaring dan mengambil gambar terbaik saja agar handphone tidak penuh. Cara mengatasi memori yang penuh yang satu ini bisa anda lakukan dengan mudah. Apabila kurang berhasil maka anda perlu mencoba cara yang selanjutnya.

Membersihkan sampah iklan

Ketika anda sudah membersihkan banyak foto dan video, langkah selanjutnya anda harus membersihkan sampah iklan yang ada di handphone. Sampah seperti ini akan sangat sering muncul ketika anda membuka aplikasi yang didalamnya terdapat iklan. Cara untuk membersihkan sampah ikan bisa dilakukan jika anda memiliki aplikasi anti virus seperti 360. Aplikasi ini akan membantu anda untuk membersihkan banyak file dan virus. Selain itu anda bisa juga mendownload aplikasi yang bernama clean master. Ketika anda mengoperasikan aplikasi ini maka mengatasi memori penuh akan menjadi semakin mudah dilakukan.

Melakukan pemformatan

Cara mengatasi memori penuh selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah membersihkan file secara keseluruhan. Handphone yang sudah terlalu lama anda gunakan maka harus segera untuk dibersihkan agar dapat digunakan kembali secara normal. Melakukan pemformatan bisa menjadi jalan keluar yang sangat efektif karena nantinya memori akan dapat kembali ke angka nol. Resiko dari pemformatan adalah anda akan kehilangan semua file yang telah disimpan. Jangan khawatir, anda dapat memindahkan file ke komputer atau ke flasdish agar ketika anda butuh bisa langsung membukanya melalui komputer.

Mereset ke setelah pabrik

Membersihkan memori memang sangat pas untuk anda lakukan namun masih ada cara lainnya yang juga semakin efektif. Cara untuk mengatasi memori penuh dengan melakukan reset ke setelan pabrik banyak dipilih oleh mereka yang ingin megembalikan handphone seperti baru lagi. File yang terhapus bukan hanya foto atau dokumen hasil download saja melainkan semua pengaturan yang telah anda buat juga akan hilang dan kembali ke setelah paling awal. Cara ini juga berfungsi untuk mengatasi masalah handphone lemot.

Cara mengatasi memori penuh yang telah disebutkan diatas adalah cara sederhana yang akan sangat efektif untuk dicoba. Anda bisa mulai dengan penghapusan manual agar nantinya tidak ada banyak file yang hilang. Namun jika ternyata cara paling awal tidak berhasil, anda dapat mencoba untuk menyelesaikan menggunakan cara yang selanjutnya. Jadi jika anda mengalami masalah memori penuh bisa mencoba untuk melakukan tips tersebut.