4 Solusi Play Store Tidak Bisa Dibuka

Google Play atau dikenal sebagai Play Store adalah salah satu aplikasi yang harus dimiliki di smartphone dan tablet Android. Melalui Play Store Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi yang ingin Anda gunakan di ponsel Anda. Yang Anda butuhkan adalah mengatur akun Gmail Anda, sambungkan perangkat Anda ke Internet dan Anda siap menambahkan aplikasi dan layanan seperti yang Anda inginkan. Tetapi seperti aplikasi lain, Google Play tidak selalu berjalan dengan baik. Tak jarang kejadian Play Store tidak bisa dibuka.



Selain masalah jaringan, ada juga faktor terkait perangkat lunak yang dapat mengganggu operasi Google Play. Anda baru menyadari ada sesuatu yang salah saat Anda meluncurkan aplikasinya yang tidak membuka atau mungkin membuka tetapi tidak stabil. Berikut beberapa alternatif solusi bila Play Store tidak bisa dibuka dengan semestinya :

1. Restart/soft reset ponsel

Jika Anda baru tahu bahwa Google Play Store telah berhenti berfungsi, Restart/soft reset ponsel Anda untuk menghapus kesalahan sistem kecil yang mungkin dialami aplikasi Google Play Store. Untuk melakukan restart, ikuti langkah-langkah ini: tekan tombol Daya selama beberapa detik; ketika opsi menu Power Off muncul, ketuk OK untuk mematikan ponsel Anda sepenuhnya; setelah 30 detik, tekan dan tahan tombol Daya hingga ponsel menyala; biarkan ponsel Anda selesai booting dan kemudian jalankan kembali Google Play Store kemudian lihat apakah Play Store sudah berjalan dengan baik.

2. Hapus cache dan data di Google Play Store dan Google Play Services

Bersihkan cache aplikasi dan data untuk menghapus semua file sementara dan data yang disimpan di Play Store sehingga aplikasi bisa memulai dari awal yang bersih. Berikut cara menghapus cache dan data di aplikasi Google Play Store: buka aplikasi Pengaturan; ketuk Aplikasi & pemberitahuan lalu pilih opsi untuk Lihat / lihat semua aplikasi; gulir ke bawah dan ketuk Google Play Store; ketuk Penyimpanan; lalu ketuk Hapus Tembolok untuk menghapus cache aplikasi. Selanjutnya, ketuk Hapus Data untuk menghapus semua data sementara yang disimpan di aplikasi. Setelah menghapus cache dan data di Google Play, buka Play Store sekali lagi dan coba lihat apakah sudah berfungsi dengan normal. Selain dari Google Play Store, membersihkan cache dan data pada aplikasi Google Play Services juga dianjurkan. Ini adalah dua aplikasi yang saling terkait sehingga jika ada yang salah dengan aplikasi Play Services, aplikasi Play Store mungkin juga akan terpengaruh dan sebaliknya. Untuk menghapus cache dan data di Google Play Services, ikuti langkah-langkah ini: buka aplikasi Pengaturan; ketuk Aplikasi; ketuk Lainnya (tiga titik vertikal) lalu pilih Tampilkan opsi sistem; gulir dan ketuk Google Play Services; ketuk Penyimpanan; ketuk Clear Cache untuk menghapus cache dari aplikasi; ketuk Kelola Space lalu pilih Hapus semua Data untuk menghapus semua data sementara dari memori aplikasi. Setelah selesai membersihkan cache dan data, buka aplikasi Google Play Store lagi dan lihat apakah masalahnya sudah hilang.

3. Hapus instalasi dan instal ulang pembaruan Google Play Store

Menghapus instalasi dan menginstal ulang pembaruan Google Play atau Play Store juga dapat membantu menghilangkan error yang mungkin memicu aplikasi tak bisa dibuka. Untuk melakukannya, ponsel Anda harus terhubung ke jaringan Wi-Fi yang dapat diandalkan. Kemudian ikuti langkah-langkah ini: buka aplikasi Pengaturan; ketuk Aplikasi; gulir ke bawah ke dan ketuk Google Play Store; ketuk ikon Lainnya di bagian atas layar kemudian pilih Copot pemasangan pembaruan dari opsi yang diberikan. Jika diminta untuk mengubah aplikasi Play Store kembali ke versi pabriknya, ketuk OK. Ketika proses selesai, buka aplikasi Google Play Store dan kemudian coba lihat apakah sudah berfungsi dengan baik.

4. Reset pengaturan jaringan

Untuk menangani kesalahan jaringan pada ponsel, Anda dapat mencoba melakukan pengaturan ulang jaringan untuk menghapus pengaturan jaringan saat ini termasuk kesalahan atau konfigurasi yang tidak valid. Setelah reset, Anda dapat mengatur opsi dan mengaktifkan fitur yang diperlukan. Begini cara melakukannya: ketuk menu Aplikasi lalu pilih Pengaturan; gulir ke bawah dan ketuk Pengaturan lanjutan; pilih Backup & Reset dari opsi yang diberikan; ketuk Pengaturan ulang jaringan; baca prompt pesan lalu ketuk Pengaturan jaringan kembali untuk mengonfirmasi. Nyalakan ulang ponsel Anda setelah pengaturan jaringan sepenuhnya disetel ulang dan dikembalikan ke nilai standarnya. Kemudian sambungkan kembali ponsel Anda ke jaringan Wi-Fi untuk mengakses dan menggunakan aplikasi dan layanan Internet termasuk Google Play Store.