Solusi Mudah Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Sebenarnya jarang terjadi hard disk yang baik di laptop atau PC mengalami satu atau lebih bad sector. Ketika itu terjadi, seringkali data yang disimpan di bad sector mungkin saja hilang, namuni data yang tersimpan dalam sector yang baik tidak akan terpengaruh. Harddisk sendiri masih bisa berfungsi dengan normal. Memang, kita dapat menandainya sebagai unusable atau tidak dapat digunakan sehingga Sistem Operasi tidak akan mencoba untuk menyimpan data di atasnya. Tetapi, kelemahan utama dari cara ini adalah penurunan ruang penyimpanan yang tersedia. Bagaimana sih cara memperbaiki hardisk bad sector?



Ada kemungkinan di mana penyebab bad sector bisa karena head drive yang rusak. Dalam kasus seperti itu, ada kemungkinan akan menyebarkan masalah ini ke beberapa sector lain dari harddisk. Oleh karena itu, dalam kondisi di mana hard drive mengalami satu atau lebih bad sector, sangat disarankan untuk membuat cadangan disk atau memperbaiki bad sector secara instan. Sebelum membahas cara memperbaiki hardisk bad sector, kita tinjau dulu sekilas mengenai bad sector, gejala dan penyebabnya. Apa itu bad sector?

Dengan kata sederhana, bad sector adalah bagian dalam hard drive yang tidak dapat diakses. Sekelompok kecil ruang penyimpanan yang rusak ini tidak akan menanggapi permintaan baca atau tulis apa pun. Bad sector terdiri dari dua jenis : satu yang diakibatkan oleh kesalahan perangkat lunak dan lainnya karena kerusakan fisik. Secara umum, ada dua kategori utama : Logical dan Fisik. Bad sector logical misalnya : system crash, infeksi virus, konflik software, shutdown tiba-tiba, reboot komputer, power outage tiba-tiba. Sementara bad sector fisik disebabkan oleh : panas, debu, benturan, aus, cacat produksi, dan Overclocked PCI Bus Speeds.

Berikut ini adalah tanda dan gejala umum yang menunjukkan bad sector dalam Hard Drive: suara aneh saat boot, terutama pada saat membaca / menulis dan membuka hard disk, adanya pesan error "File menjadi corrupt saat menjalankan program atau membaca file, sistem memakan waktu lama untuk menjalankan program atau membaca file, sistem menampilkan blue screen, ketika sistem menampilkan pesan peringatan seperti “General error in reading drive C” atau “Sector not found”, meskipun tidak diserang oleh virus, Windows gagal menyelesaikan format drive hard disk, sistem setiap kali boot, otomatis menjalankan Scandisk untuk memindai kesalahan dalam hard drive. Berikut opsi cara memperbaiki hardisk bad sector di laptop atau PC

1. Metode Manual untuk Pengguna Windows 10/8

Gunakan kolom Search, ketikkan This PC lalu enter. Pilih drive yang ingin diperbaiki >> Klik kanan drive >> klik Properties. Klik pada tab Tools.Di bawah bagian Error Checking, klik Check. Klik opsi Scan and Repair drive. Biarkan Windows untuk memindai dan memperbaiki Sektor Hard Drive

2. Metode untuk Windows 7

Tutup semua Program dan File yang sedang dijalankan. Klik pada Start >> Computer. Pilih Hard Drive yang ingin dicek Bad Sector-nya. Di bawah Properties >> pilih Tools. Di bawah bagian Error Checking, klik Check Now. Centang opsi Scan for and attempt recovery of bad sectors. Klik Start. Lihat hasil report dari Check Disk yang dilakukan.

Sekarang, hal penting berikutnya yang harus dipikirkan yaitu bagaimana menjalankan hard drive recovery. Satu-satunya solusi Hard Drive recovery adalah menggunakan software. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengembalikan data yang hilang, terhapus, atau tidak dapat diakses. Banyak software Data Recovery yang tersedia untuk digunakan. Salah satu tool yang terkenal yaitu Stellar Data Recovery-Standard. Software ini cukup tangguh sebab menggunakan algoritma canggih, dan fitur inovatif untuk membantu pengguna dalam memulihkan data-data di dalam hardisk yang tidak dapat diakses. Selain komprehensif dan mudah digunakan, software pemulihan data ini 100% aman dan andal. Ini kompatibel dengan Windows 10 dan versi di bawahnya. Cukup unduh, instal, dan ikuti panduan langkah demi langkah dan prosesnya selesai!

Ketika hard drive muncul dengan bad sector, maka ternyata tidak dapat diakses. Selama tidak bertambah, data aman dan dapat dipulihkan dengan mudah. Di sisi lain, jika meningkat, maka pemulihan menjadi penting. Karena itu, disarankan untuk menghapus bad sector pada tahap awal untuk menghindari kehilangan data. Selamat mencoba!