Cara Mengetahui Judul Lagu, Andalkan 4 Layanan Online Berikut

Aplikasi pengenal lagu populer seperti Shazam dan SoundHound adalah tool yang berguna di perangkat seluler untuk dengan cepat menemukan judul lagu yang tidak dikenal saat diputar. Tetapi, bagaimana jika Anda ingin melakukan hal yang sama secara retrospektif? Artinya, mengetahui judul lagu tanpa perlu diputar? Salah satu cara mengetahui judul lagu adalah menggunakan layanan online. Ini bekerja dengan cara yang mirip dengan aplikasi Music ID karena mereka menggunakan database online sebagai referensi untuk mencoba dan mencocokkan permintaan Anda.

Hanya saja cara layanannya bisa sangat bervariasi. Beberapa mengambil jalur audio normal dengan menangkap suara pengguna melalui mikrofon. Namun, beberapa lainnya menggunakan jalur alternatif, seperti mengidentifikasi lagu dari lirik atau menganalisis file audio yang diunggah yang berhasil Anda rekam. Berikut beberapa layanan online cara mengetahui judul lagu :



1. Midomi

Layanan daring untuk mencari judul lagu ini akan mengidentifikasi lagu dari sampel 10 detik yang diputar atau dinyanyikan. Midomi juga enawarkan pengalaman komunitas gratis. Pengguna bisa mencari berdasarkan lirik, artis, atau judul lagu. Perlu bernyanyi di mikrofon di area dengan tingkat kebisingan tinggi. Beberapa lagu tidak ada dalam basis data Midomi. Midomi tidak hanya berguna untuk mengidentifikasi lagu-lagu yang tidak dikenal, tetapi juga situs web berbasis komunitas tempat pengguna dapat terhubung satu sama lain. Layanan ini juga memiliki toko musik digital dengan lebih dari 2 juta lagu. Layanan ini menggunakan pengambilan sampel suara. Ini bisa berguna ketika Anda perlu mengidentifikasi lagu yang sudah diputar, tetapi masih segar di pikiran Anda. Untuk menggunakan Midomi, yang Anda butuhkan hanyalah mikrofon. Ini bisa berupa perangkat bawaan atau perangkat eksternal yang terpasang pada komputer misalnya. Situs web Midomi mudah digunakan dan Anda dapat bernyanyi, bersenandung, atau bahkan bersiul (jika Anda mahir melakukannya). Untuk saat-saat ketika Anda tidak dapat menggunakan aplikasi ID musik untuk mencicipi lagu secara real-time, situs web Midomi bisa berguna. Kunjungi Midomi dari tautan berikut https://www.midomi.com/.

2. Lyrster

Jika Anda tidak dapat mengingat bagaimana lantunan syair sebuah lagu, tetapi hanya tahu beberapa kata maka Anda tepat bila menggunakan Lyrster. Seperti yang mungkin sudah Anda duga, layanan ini berjalan dengan mencocokkan lirik lagu dan bukan menganalisis dari sisi audio. Kelebihan menggunakan Lyrster yaitu mampu mencari lebih dari 450 situs lirik lagu yang ada di internet. Jadi, secara teori, pengguna akan mendapatkan hasil yang lebih baik menggunakan mesin pencari ini. Situs web ini mudah digunakan dan memberikan hasil yang cukup baik, meskipun fitur berita musiknya belum diperbarui untuk waktu yang lama. Silahkan mengunjungi layanannya di http://www.lyrster.com/.

3. WatZatSong

Jika semuanya gagal, Anda selalu bisa meminta seseorang untuk menyebutkan judul lagu itu, bukan? Jika Anda sudah mencoba bernyanyi, bersenandung, bersiul, mengunggah sampel, dan mengetik lirik tanpa hasil, maka WatZatSong bisa menjadi satu-satunya harapan Anda. Daripada mengandalkan robot, terkadang lebih baik bertanya kepada orang asli di Internet, dan itulah cara kerja WatZatSong. Situs web ini berbasis komunitas dan yang harus Anda lakukan adalah memposting sampel untuk didengarkan pengguna lain. Layanan ini berfungsi dengan baik, dan Anda biasanya mendapatkan jawaban dengan cepat kecuali jika sampel yang dikirimkan tidak jelas atau tidak terdengar. Anda bisa mengakses layanan ini di https://www.watzatsong.com/en.

4. Acrcloud

Satu lagi cara untuk mengetahui judul lagu secara online diberikan layanannya oleh Acrcloud. Layanan ini menggunakan ACRCloud Music Recognition Services untuk membantu pengguna mengidentifikasi lagu dalam file audio & video, seperti rekaman radio, TV, Iklan. Sebagian besar format audio dan video (mp3, wav, mp4, avi, flv, ...) didukung. Ukuran file maksimum yang bisa dikirimkan sebesar 100MB. Layanan ini mengklaim mampu mengenali judul sebuah lagu hanya dalam waktu 60 detik pertama. Pengguna tak perlu mengunggah file lagu dalam ukuran besar, mereka bisa memotongnya terlebih dulu dimana fitur untuk memotong pun sudah disediakan di sini. Akses layanan ini dengan mengunjungi link https://www.acrcloud.com/identify-songs-music-recognition-online.