Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen, Lima Aplikasi Andalan

Saat kita secara tak sengaja menghapus secara permanen file penting di laptop, kita perlu alat bantu untuk mengembalikannya. Cara mengembalikan file yang terhapus permanen berikut menggunakan alat bantu berupa program khusus yang memang dibuat untuk itu. Anda dapat memilih solusi gratis dan berbayar sesuai kebutuhan Anda. Program-program tersebut dapat memulihkan file RAW, Hard Disk yang Tidak Dapat Alokasi, Rusak atau Terformat; dan mampu memulihkan berbagai sistem file seperti FAT, FAT32, HFS, NTFS dan sebagainya.



1. Recuva

Fakta bahwa Recuva berada di puncak daftar perangkat lunak mengembalikan file yang terhapus permanen memang tidak mengejutkan. Tool pemulihan file ini memiliki kemampuan untuk memulihkan file dari hard drive, DVD atau CD, kartu memori, dan drive eksternal. Ada banyak perangkat lunak pemulihan file gratis tetapi belum ada yang mampu menandingi Recuva. Recuva mampu mendapatkan kembali struktur direktori yang hilang serta mengganti nama dua file dengan nama yang sama saat melakukan pemulihan data. Beberapa fitur yang merupakan kelebihan Recuva antara lain : mode pemindaian mendalam tingkat lanjut, fitur penimpa aman yang menggunakan teknik penghapusan standar industri & militer, kemampuan untuk memulihkan dari file yang rusak atau yang baru diformat, antarmuka pengguna yang mudah, layar preview sebelum pemulihan akhir,ada versi gratis atau Pro yang murah, bekerja baik pada sistem FAT dan NTFS, dapat digunakan pada Windows 10, 8, 8.1, 7, Vista, XP, dan versi Windows yang lebih lama. Unduh Recuva dari sini https://secure.piriform.com/502/cookie?affiliate=42964&redirectto=http%3a%2f%2fwww.piriform.com%2frecuva%2fdownload.

2. TestDisk

Daftar perangkat lunak pemulihan file terbaik tidak lengkap tanpa menyebutkan program TestDisk. Ini adalah perangkat lunak open source yang dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan kembali partisi yang hilang dan memperbaiki disk yang tidak dapat di-boot. Dilengkapi dengan fitur dan sistem pemulihan file yang kompatibel dengan perangkat lunak pemulihan data lainnya, TestDisk memiliki banyak fitur yang ditawarkan bagi para pemula dan profesional. Program pemulihan data gratis ini mencoba mendeteksi partisi dan entri file sendiri. Pemindaian yang lebih dalam untuk partisi yang dihapus / rusak memang membutuhkan lebih banyak waktu. Beberapa fitur TestDisk seperti : memulihkan / membangun kembali sektor boot, memperbaiki atau memulihkan tabel partisi yang dihapus, membatalkan penghapusan file dari sistem file FAT, exFAT, NTFS, dan ext2, dapat berjalan di Windows 10, 8, 8.1, 7, Vista, XP, dan versi Windows, Linux, BSD, macOS, dan DOS yang lebih lama. Unduh TestDisk dari sini http://www.cgsecurity.org/wiki/TestDisk_Download.

3. Stellar Data Recovery

Sesuai dengan namanya, Stellar Data Recovery melakukan tugas dengan hasil bintang dalam memulihkan data dari PC Windows dan Mac Anda. Jika Anda menyesali keputusan Anda menghapus file terbaru, tool Stellar Data Recovery ada untuk membantu Anda secara efektif. Stellar juga memiliki banyak tool lain untuk aplikasi rumah dan bisnis yang cukup handal. Beberapa fitur utama dari program ini seperti : bebas risiko memulihkan data dari berbagai jenis perangkat penyimpanan seperti kartu memori, ponsel, drive USB, hard disk, dll, simpel, preview file dalam aplikasi tersedia sebelum melakukan upaya pemulihan akhir, mendukung platform Windows 10, 8, 8.1, 7, Vista, XP, dan, macOS. Unduh Stellar Data Recovery dari sini http://send.onenetworkdirect.net/z/8137/CD240474.

4. Undelete 360

Dengan tampilan aplikasi Microsoft Office yang khas dengan gaya bilah tool berbentuk pita dan tema warna biru, Undelete 360 ​​dibangun pada algoritma yang cepat namun efisien yang memungkinkan pengguna untuk membatalkan penghapusan file. Beberapa fitur Undelete 360 antara lain : bekerja pada berbagai perangkat seperti kamera digital, kartu memori, smartphone, hard drive komputer, USB, dll, hadir dengan Hex Viewer bersama dengan kemampuan untuk melihat preview file sebelum pemulihan, mendukung berbagai jenis file seperti DOC, HTML, AVI, MP3, JPEG, JPG, PNG, GIF, dll, mendukung Windows 8, 8.1, 7, Vista, XP, dan versi Windows yang lebih lama. Undelete bisa diunduh dari link berikut http://www.undelete360.com/.

5. PhotoRec:

Jelas salah satu perangkat lunak pemulihan data terbaik di luar sana, PhotoRec secara luas diakui untuk pemulihan file yang kuat untuk berbagai perangkat mulai dari kamera digital hingga hard disk. Ini dibuat khusus untuk memulihkan data seperti gambar, video, dokumen, dll. PhotoRec memiliki beberapa fitur andalan seperti : dilengkapi dengan kemampuan untuk memulihkan lebih dari 440 format file yang berbeda, kemampuan untuk menambahkan jenis file kustom sendiri, mendukung jenis file FAT, NTFS, exFAT, ext2 / ext3 / ext4 dan HFS + serta mendukung  Windows 10, 8, 8.1, 7, Vista, XP, & versi Windows, Linux, BSD, DOS, macOS yang lebih lama.