Mengetahui Peran dan Fungsi Aplikasi UNBK 2018

Bagi para Guru serta tenaga pendidik tentu saja semuanya sudah tidak asing lagi dengan istilah UNBK. Sebab kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer ini sudah dilaksanakan dari mulai tahun 2014 yang lalu. Yang dimaksud dengan UNBK yaitu sebuah sistem dari ujian nasional. Yang mana dalam melaksanakan ujian nasional tersebut dengan menggunakan media komputer. Sistem ini jika untuk bahasa inggris dinamakan dengan CBT atau Computer Based Test. Ujian Nasional Berbasis Komputer ini lain halnya dengan Paper Based Test atau sistem ujian nasional yang menggunakan lembar kertas.

Untuk program UNBK yang diselenggarakan oleh pemerintah ini ternyata bertujuan di dalam meningkatkan kualitas pendidikan utamanya dalam program ujian nasional. Terdapatnya sistem yang terintegrasi langsung menggunakan aplikasi - aplikasi pendidikan lainnya misalnya seperti DAPODIK, E-Raport dan lain sebagainya. Semua itu bisa memudahkan sekolah di dalam melakukan pelaksanaan kegiatan ujian nasional. Namun memerlukan sumber daya lebih supaya dapat melaksanakan kegiatan UNBK dengan lancer. Terlebih lagi dari sisi sumber daya manusia serta dari perangkat pendukung ( Komputer ).

Fungsi UNBK

Fungsi UNBK yaitu juga bisa meredam banyaknya kecurangan pada pelaksanaan Ujian Nasional, dengan demikian akan bisa untuk menumbuhkan minat belajar pada kalangan siswa. Hal ini disebabkan oleh siswa yang tidak lagi menunggu bocoran kunci jawaban ketika sedang mengikuti ujian nasional. Dengan demikian, mau tidak mau mereka terus berusaha yang terbaik untuk bisa sukses dalam menghadapi ujian nasional. Tak hanya itu saja, tujuan UNBK kedepannya yaitu bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas dan bisa diharapkan nilai setelah lulus tersebut bisa dijadikan acuan dalam jenjang pendidikanitu. Sehingga tidak akan ada lagi test penerimaan siswa maupun mahasiswa baru supaya bisa menghemat biaya, seluruhnya berpacu pada nilai akhir dari ujian kelulusan itu.

Peran Aplikasi UNBK 2018

Awal tahun 2018 sepertinya puspendik sudah melakukan perubahan yang besar. Tak hanya merubah serta memperbarui tampilan beranda pada laman https://ubk.kemdikbud.go.id/, akan tetapi, puspendik UNBK saat ini sudah ada pada versi android yang bertujuan untuk mempermudah para panitia ujian nasional berbasis komputer (proktor dan teknisi) dalam memperoleh informasi yang terupdate.

Aplikasi UNBK 2018 ini tidak termasuk sebuah aplikasi simulasi UNBK yang dibuat untuk siswa-siswi calon peserta UNBK. Akan tetapi hanya untuk proktor serta teknisi dan juga kepala sekolah yang menjadi panitia serta penanggungjawab dari berlangsungnya ujian nasional. Jadi, aplikasi UNBK mobile ini bukan dimanfaatkan untuk latihan serta pembelajaran di dalam mengerjakan soal-soal ujian.

Supaya bisa lebih efektif dalam membuka Web UNBK pada smartphone anda, maka anda bisa install Aplikasi Android UNBK Mobile. Aplikasi ini juga bisa memberikan notifikasi jika ada informasi baru maupun tiket bantuan. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan para panitia penyelenggara ujian di masing-masing sekolah bisa semakin efektif memantau berbagai kegiatan yang ada kaitannya dengan pelaksanaan UNBK.