Rabu, 06 Maret 2019

Prosedur Cara Menggunakan Aplikasi Grab

Di samping GrabBike, aplikasi Grab pun menyediakan jasa GrabCar. GrabCar merupakan fitur ojek taksi online. Taksi yang terkoneksi ke GrabCar adalah mobil yang dimiliki  orang pribadi sehingga berplat hitam. Oleh karena itu, ketika naik GrabCar penumpang serasa mengendarai mobil pribadi. Merek kendaraan yang digunakan GrabCar mulai dari Avanza, Xenia, Innova, Grand Livina, dan yang sejenis.



1. Cara Pesan GrabCar

Berikut langkah-langkah ketika konsumen hendak memesan GrabCar :

- Masuk ke aplikasi “Grab” yang telah terpasang di ponsel.
- Ketuk fitur GrabCar berupa ikon dengan gambar mobil.
- Ketikkan alamat penjemputan dalam kotak Pick-Up, cek bahwa pengguna memasukkan lokasi dengan benar.
- Input alamat tujuan dalam kotak Drop-Off
- Sistem Grab langsung menampilkan tarif yang mesti dibayar sesuai alamat tujuan.
- Tentukan jenis trip, Personal atau Business.
- Tentukan pilihan pembayaran di bagian Cash, pengguna pun dapat menambahkan pembayaran menggunakan kartu debit atau credit card
- Jika pertama kali menggunakan aplikasi Grab, coba masukkan kode promo yang diberikan teman yang sebelumnya memakai aplikasi Grab. Kode promo tersebut menyediakan voucher yang dapat langsung dipergunakan.
- Tambahkan catatan bagi pengemudi dalam kolom Notes to Driver. Pengguna dapat memberitahukan alamat lengkap dalam kolom tersebut.
- Bila telah lengkap semua, ketuk tombol Book.

Sistem Grab akan mencarikan pengemudi dan mobil GrabCar terdekat dari posisi penjemputan yang dimasukkan. Sistem akan memberitahukan kepada pengguna begitu ada mobil yang ready. Pengguna bisa menghubungi pengemudi untuk memastikan order dipahami. Menggunakan aplikasi Grab, konsumen pun dapat memonitor posisi pengemudi Grab yang sedang meluncur ke lokasi penjemputan. Di samping itu, sebelum memesan, pengguna pun dapat memastikan tersedianya kendaraan GrabCar yang mangkal di dekat lokasi penjemputan yang dipilih. Bilamana tak tersedia pengemudi GrabCar di dekat lokasi, konsumen bisa menunggu beberapa saat sampai sistem berhasil mencarikan pengemudi terdekat dan siap mengantar.

2. Cara Pesan GrabFood

Tak cuma Go-Jek saja yang menawarkan fitur memesan makanan, Grab pun menyediakan layanan serupa yaitu GrabFood. Tak begitu berbeda dibanding Go-Jek, GrabFood pun bisa menerima order makanan yang akan langsung dikirimkan ke konsumen. Begini langkah-langkah cara memesan GrabFood:

- Masuk dan login ke aplikasi Grab.
- Ketuk menu “Food” sebagai langkah order makanan dari Grab.
- Tetapkan alamat pengiriman order makanan.
- Tentukan menu makanan yang tersedia pada daftar GrabFood.
- Bilamana telah lengkap semua, ketuk tombol pesan.
- Konsumen boleh membayar pesanan makanan di GrabFood dengan uang tunai saat pengirim datang.

3. Cara Pesan GrabDelivery

Menu GrabDelivery atau yang sering dinamakan GrabExpress menawarkan fitur yang kurang lebih sama seperti Go-Send. Di fitur ini, GrabDelivery akan mengantarkan berbagai ragam paket. Pengguna tinggal order jasanya saja kemudian membayar biayanya. Bila ingin memesan GrabDelivery, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

- Masuk dan login ke aplikasi Grab
- Ketikkan alamat lengkap untuk pengambilan paket dan sekaligus alamat penerima paket.
- Kalau konsumen mempunyai catatan khusus terkait paket tersebut bisa menambahkan catatan di kolom note.
- Selanjutnya, ketuk tombol Book Grab
- Rampung melakukan order, otomatis sistem Grab akan mencarikan pengemudi terdekat dengan lokasi penjemputan paket.
- Pengguna boleh membayar layanan GrabDelivery tersebut dengan uang tunai saat bertemu dengan pengemudinya.

Saat ini, kian banyak masyarakat di beberapa kota besar yang berminat dengan layanan GrabCar ini. Di samping cara pesan GrabCar yang termasuk mudah dan canggih, ongkos yang diberlakukan GrabCar pun lebih murah ketimbang sarana angkutan umum yang lainnya. Nah, selamat mencoba!