Mengetahui Cara Login dan Mengisi Aplikasi Absen Guru Berbasis Online

Akhir akhir ini hadir aplikasi uji coba apliksi absen guru yang berbasis online. Aplikasi ini selanjutnya akan dijalankan di dalam sekolah pada jenjang Pendidikan dasar serta menengah. Lalu aplikasi ini juga mewajibkan semua PTK untuk dapat melakukan pengisian absensi tersebut untuk keseharian, atau mingguan bahkan bisa satu bulan. Dalam membuat Absensi ini juga hanya dapat dibuat pada bulan berjalan. Dan jika hendak mengentri absen di bulan yang berikutnya, maka sebaiknya generate dalam bulanitu.

Aplikasi Daftar Hadir GTK ini wajib diisi dengan cara online oleh para Operator Dapodik Sekolah. Agar dapat login ke dalam Aplikasi Absensi Kehadiran Guru ini, salah satu syaratnya yaitu dengan terlebih dahulu melakukan sinkronisasi Aplikasi Dapodik versi 2018. Dengan demikian data semua GTK telah masuk dengan otomatis pada Aplikasi Daftar Hadir tersebut.

Aplikasi Absensi Kehadiran GTK ini dinilai memiliki peran yang sangat penting. Khususnya untuk para guru yang sudah sertifikasi. Karena nantinya bukan tidak mungkin jika aplikasi baru ini bisa jadi salah satu syarat utama dari penerbitan SKTP.

Untuk para guru serta para rekan-rekan operator dapodik sekolah yang belum mengerti akan Cara melakukan Login dan juga cara Mengisi Aplikasi Absensi/Aplikasi Kehadiran Guru Online ini anda bisa simak penjelasan berikut ini.

Cara Login dan Mengisi Aplikasi Absen Guru Online

Cara yang harus dilakukan untuk login serta mengisi Aplikasi Absensi Guru Online yaitu seperti ini:


Jadi terlebih dahulu anda harus sudah melakukan sinkronisasi Aplikasi Dapodik versi 2018 terlebih dahulu
Kemudian akseslah website Aplikasi Daftar Hadir GTK yang alamatnya berada di http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id
Apabila telah selesai, silahkan masukkan beberapa data seperti yang terlihat dalam gambar nomor 1 di atas, yaitu:

NPSN: bisa anda isi dengan Nomor NPSN sekolah Anda
Userid : isi menggunakan email sekolah yang anda pakai dalam melakukan Login aplikasi dapodik (username sama dengan dapodik)
Password : passwordnya anda bisa memasukkan seperti yang anda pakai pada aplikasi Dapodik

Apabila anda sukses dalam melakukan Login akan tampil 3 fitur utama, diantaranya Beranda, Kehadiran serta Keluar Aplikasi. Nah, Anda bisa Klik dalam fitur “kehadiran”
Sebelum Anda membuat dan juga mengisi daftar kehadiran para guru setiap hari secara online, pastikanlah terlebih dahulu membuat Kalender Sekolah. Sebelumnya klik pada tombol TAMBAH BARU atau HAPUS SEMUA yang ada dalam kolom template kalender.
Setelah anda selesai membuat Kalender Pendidikan, saat ini Anda bisa membuat Daftar Hadir Guru. Caranya yaitu pilih Tombol semester, pilihlah bulan kemudian Klik di Buat Daftar Hadir, lalu klik dan Simpan.

Setelah anda selesai dalam membuat daftar hadir, maka Anda bisa mengisi daftar hadir yaitu dengan memberikan Tanda (atau) menghapus tanda (v). Mengisis daftar hadir guru melalui website hadir.gtk.kemdikbud.go.id tidak dilakukan melebihi tanggal yang sedang berjalan.